Diah, Galuh Prihatin (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ISPRING SUITE PADA KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS MATERI PARAGRAF KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
|
Text
HALAMAN DEPAN_Diah Galuh_19862061010.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_Diah Galuh_19862061010.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_Diah Galuh_19862061010.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III_Diah Galuh_19862061010.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV_Diah Galuh_19862061010.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V_Diah Galuh_19862061010.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Diah Galuh_19862061010.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Seiring perkembangan zaman, sudah banyak peserta didik yang mengenal alat elektronik handphone. Ketergantungan peserta didik dengan handphone berakibat pada motivasi belajar peserta didik akan menurun. Pada kurikulum merdeka peserta didik dituntut untuk belajar dan guru memberikan media pembelajaran baru yang berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter serta kompetensi peserta didik. Penggunaan media akan berkontribusi terhadap kelancaran pada pencapaian tujuan pembelajaran yang dapat menjadikan peserta didik lebih termotivasi untuk mengikuti proses belajar. Untuk membuat suatu media pembelajaran digital tentunya dibutuhkan sebuah platform atau software yang mendukung dalam pengembangan maupun penerapannya. Media dapat dibuat dengan software iSpring suite yang dapat menampilkan teks, gambar, video, suara, dan asesmen yang diharapkan dapat membantu membangun motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis iSpring suite dan menganalisis kelayakan serta kepraktisan media dalam meningkatkan keterampilan membaca kritis pada materi paragraf mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development/ RnD). Model penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari Analyze (analisis), Design (desain), Develop (Pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil yang diperoleh selama penelitian berdasarkan hasil penilaian dari para ahli, yaitu ahli materi mendapat 75% dengan kriteria layak, ahli media mendapat 95% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa mendapat 95% dengan kriteria sangat layak sehingga media dapat dilakukan pengujian pada tahap selanjutnya. Hasil penilaian pada pengujian yang terakhir yaitu uji lapangan yang dilakukan pada 1 guru dan seluruh siswa kelas IV B SD Negeri Menganti 01 memperoleh penilaian dari guru sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak dan respon siswa memperoleh 96.9% dengan kriteria sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran Kelas IV. Kepraktisan penggunaan media iSpring suite terlihat dari uji kepraktisan guru dan siswa yang menunjukkan nilai kepraktisan siswa mencapai 96,9% dengan kriteria sangat praktis dan nilai kepraktisan guru mencapai 97,5% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi pengembang media dan guru dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan membaca kritis di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci : Pengembangan media, iSpring suite, keterampilan membaca kritis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Ahmad Chafid |
Date Deposited: | 05 May 2025 22:20 |
Last Modified: | 05 May 2025 22:20 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |