?

PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE MNEMONIK TIPE ACROSTIK KELAS IV MI Ya BAKII KESUGIHAN 01

Fiani, Nur Faiqoh (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE MNEMONIK TIPE ACROSTIK KELAS IV MI Ya BAKII KESUGIHAN 01. Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peningkatan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Metode Mnemonik Tipe Akrostik Kelas IV MI Ya BAKII Kesugihan 01”, ini ditulis oleh Fiani Nur Faiqoh, Juni, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah permasalahan dalam daya ingat siswa yang merupakan kewajiban bagi para pendidik. Proses pembelajaran dalam pendidikan bukan hanya sekedar menghafal konsep atau fakta belaka, akan tetapi kegiatan menghubungkan konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga konsep yang dipelajari dapat dipahami dengan baik dan tidak mudah dilupakan. Oleh karena itu, pembelajaran dikatakan bermakna guru dapat mengidentifikasikan dan menggali konsep-konsep yang dimiliki siswa. Pembelajaran menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam pelaksanaannya di dalam kelas. Dalam pelaksanaannya terkadang guru kesulitan untuk menyatukan materi. Daya ingat siswa dalam kegiatan pembelajaran termasuk dalam pembelajaran kognitif. Peneliti menggunakan metode mnemonik dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Metode mnemonik merupakan metode yang cocok dalam pembelajaran tematik. Mengapa demikian, karena dalam melakukan tahap-tahap metode mnemonik daya ingat siswa pada pembelajaran dapat meningkat. Fokus dalam penelitian ini yaitu apakah metode mnemonik dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran tematik? Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan desain penelitian eksperimental semu (quasi) karena hasil dari penelitian ini berupa angka-angka. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas IV dan sampel penelitian yaitu kelas IV.01 dan Kelas IV.04. Pada penelitian data yang diperoleh akan dikumpulkan untuk mengetahui kebenarannya. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini adalah metode yang digunakan meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran tematik salah satunya metode mnemonik tipe akrostik, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi lebih dari 0,05, diperoleh t_(hitung )> t_(tabel )dengan taraf nyata 5% dengan 6,517>1,708. Dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,31 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 57,31. Ada peningkatan pemahaman dengan metode mnemonik tipe akrostik terhadap pembelajaran tematik, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi kurang dari 0,05. Kata kunci: Peningkatan Pemahaman Siswa, Pembelajaran tematik Metode Mnemonik Tipe Akrostik, metode mnemonik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Guru MI
Depositing User: Ahmad Chafid
Date Deposited: 05 May 2025 22:21
Last Modified: 05 May 2025 22:21
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item