Aulia, Putri Wardani (2023) ANALISIS PENGARUH POLA ASUH OTORITER TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK AL MUNAWWARAH CILACAP. Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Peran dan tanggung jawab keluarga sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang juga menjadi landasan sikap, moral, dan pendidikan anak. Tujuan utama orang tua adalah menanamkan sikap positif pada anak-anaknya. Pendidikan berlangsung untuk pertama kalinya di lingkungan keluarga. Pembentukan karakter kedisiplinan belajar dapat dilakukan mulai dari pendidikan saat dirumah bersama orang tua. Pola asuh orang tua menjadi salah satu faktor penentu dalam terbentuknya karakter disiplin belajar pada peserta didik. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat korelasi pengaruh pola asuh otoriter terhadap kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas X SMK Al Munawwarah Cilacap Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Teknik korelasional dan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menjunjukan bahwa pola asuh otoriter pada peserta didik kelas X SMK Al Munawwarah Cilacap Tahun Pelajaran 2022/2023 dari 34 responden diperoleh kategori sangat tidak baik sebanyak 11 orang (32%), tidak baik sebanyak 6 orang (18%), kurang baik 2 orang (6%), cukup 9 orang (26%), baik 4 orang (12%), dan sangat baik 2 orang (6%). Hasil penelitian menunjukan pola asuh orang tua otoriter yang sangat tidak baik dengan presentase 32,35%. Kedisiplinan belajar peserta didik kelas X di SMK Al Munawwarah Cilacap Tahun Pelajaran 2022/2023 dari 34 responden diperoleh kategori sangat tidak baik sebanyak 4 orang (12%), tidak baik sebanyak 8 orang (24%), kurang baik 12 orang (35%), cukup 2 orang (6%), baik 4 orang (12%), dan sangat baik 4 orang (12%). Terdapat korelasi positif antara pola asuh otoriter terhadap kedisiplinan belajar dengan nilai korelasi 0,209>0,202 dan nilai signifikasi sebesar 0,000<0,05 yang dapat dijelaskan oleh variabel bebas sebesar 4,4%. a Kata Kunci: Pola asuh otoriter, Kedisiplinan belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Ahmad Chafid |
Date Deposited: | 05 May 2025 22:25 |
Last Modified: | 05 May 2025 22:25 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |