Afian Zovan, Rizza Vahlevi (2023) BIMBINGAN DAN KONSELING KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 CILACAP. Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana Kegiatan Bimbingan dan Konseling dalam menangani kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 3 Cilacap. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian deskritif kualitatif akan mendeskripsikan indentifikasi kesulitan belajar siswa dan upaya guru BK dalam mengatasi tersebut. Dalam penelitian kualitatif fenomena dapat dimengerti maknanya secara baik, apabila dilakukan interaksi dengan subjek melalui wawancara mendalam dan observasi pada pokok masalah dimana kejadian-kejadian tersebut berlangung, adapun untuk melengkapi data diperlukan dokumentasi yang berkaitan dengan subjek penelitian berkaitan dengan beberapa bahan yang diperlukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan penulis kepada guru bimbingan konseling, guru wali kelas dan guru mata pelajaran bahwa ada beberapa kesulitan-kesulitan belajar yang dialami peserta didik terutama mata pelajaran yang sulit dicerna peserta didik sebagai berikut : a) Kesulitan belajar peserta didik terletak pada mata pelajaran matematika dikarenakan dasar-dasar matematika peserta didik kurang baik. b) Kesulitan belajar peserta didik terletak pada mata pelajaran Sejarah disebabkan pembawaan materi sejarah oleh guru mata pelajaran dinilai kurang menariksehingga peserta didik merasa jenuh, bosan dan berdampak pada sulit mencernanya. c)Berdasarkan penelitian yang telah diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, maka dapat dikatakan bahwa pelaksanakan layanan bimbingan konseling yang dilakukan oleh Teguh Santoso dalam menjalankan tugas sebagai guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 3 Cilacap dikategorikan sudah baik dan tidak luput dari kerja sama dan kontribusi segenap struktural sekolah. 2) Berdasarkan wawancara di atas penulis menguraikan usaha guru bimbingan konseling mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran sebagai berikut : a) Mengingatkan atau memberikan arahan yang positif kepada peserta didik dan mengingatkan kepada peserta didik agar kiranya sarapan pagi sebelum ke sekolah. b) Guru bimbingan dan konseling memberikan saran kepada guru mata pelajaran SMA Negeri 3 Cilacap agar mengontrol peserta didik yang mengalami kesulitan belajar terutama kepada guru wali kelas agar kiranya memiliki buku kontrol untuk peserta didiknya. c) Melakukan kerja sama dengan guru wali kelas dan guru mata pelajaran yang teridentifikasi peserta didik sulit memahaminya. d)Melakukan pendekatan persuasif dan edukatif kepada peserta didik. Kata Kunci: Kegiatan Bimbingan dan Konseling. kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Ahmad Chafid |
Date Deposited: | 03 May 2025 14:50 |
Last Modified: | 03 May 2025 14:53 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |