Achmad, Chuzin (2023) PERKEMBANGAN KOGNITIF MENURUT JEAN PIAGET DALAM PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ISLAMI (STUDI ANALISIS PEMIKIRAN Dr. ALIAH B. PURWAKANIA HASAN DALAM BUKU PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ISLAMI). Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
|
Text
1. Halaman Awal.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Bab i Pendahuluan yes.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
3. Kajian Pustaka yes.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab iii Metopen.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab iv Hasil Pembahasan.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab v Penutup.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) yang mengkaji perkembangan kognitif menurut jean Piaget dalam pandangan Dr. Aliah B. Purwakania Hasan. Teknik mengumpulkan data dengan observasi dan dokumentasi dari sumber utama yaitu buku karya Dr. Paul Suparno dan Dr. Aliah. Menggunakan Teknik analisis isi (Analityc content). Teori perkembangan kognitif menurut Piaget terbagi menjadi empat tahap. Tahap sensorimotor dengan ciri khusus yaitu pemikiran anak identic dengan gerakan refleks dan inderawi. Tahap praoperasi dicirikan dengan mulai digunakannya symbol-simbol untuk menghadirka suatu benda atau pemikiran. Tahap operasi konkret ditandai dengan penggunaan aturan yang logis dan jelas. Tahapoperasi formal dicirikan dengan pemikiran abstrak, hipotesis, dan induktif-deduktif. Sementara, dalam psikologi perkembangan islami, Aliah membagi menjadi empat tahapan pula. Pertama periode perkembangan. Kedua periode pencapaian kematangan. Ketiga periode tengah baya, dan terakhir periode lanjut usia. Perbedaan mendasar antara perkembangan kognitif Piaget dengan psikologi perkembangan islami terdapat pada tahapan klasifikasinya (pengelompokan berdasarkan usia). Di samping itu, Piaget hanya mengklasifikasikan tahap demi tahap berdasarkan kuantitas atau angka. Sementara, Aliah membahas kecerdasan di luar pembahasan Piaget, yakni kecerdasan emosional dan spiritual. Dengan kata lain, Aliah juga membahas kecerdasan manusia berdasarkan kualitas. Teori perkembangan kognitif Piaget juga bisa diterapkan dalam pendidikan agama islam. Meskipun ada beberapa teori yang harus di pilah-pilah, tetapi setidaknya mengubah pola pikir seseorang agar tidak mendikotomikan antara ilmu agama dan ilmu umum. Sebab, ilmu agama dan ilmu umum hanya berbeda spesialisasi, sedangkan sumbernya sama-sama berasal dari Allah SWT. Kata kunci: Kognitif, Psikologi Islami.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Chafid |
Date Deposited: | 05 May 2025 22:21 |
Last Modified: | 05 May 2025 22:21 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |