?

Pendekatan Konseling Islam Dalam Konsep Kepribadian Perspektif Imam Al Ghazali

Yusuf, Hasan Baharudin and Achmad, Fauzy Pendekatan Konseling Islam Dalam Konsep Kepribadian Perspektif Imam Al Ghazali. UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI CILACAP.

[img] Text
TS-2 Pendekatan Konseling Islam Dalam Konsep Kepribadian Perspektif Imam Al Ghazali.docx - Published Version

Download (46kB)

Abstract

Al-Ghazali merupakan salah satu tokoh Islam yang dijadikan sebagai acuan dalam konseling Islami. Dalam karya-karya tasawufnya telah memberikan pemikiran-pemikiran yang dapat dijadikan acuan dalam konseling Islami. Artikel ini merupakan hasil dari penelitian literer mengenai hal tersebut di atas dimana dalam menghimpun data dilakukan dengan metode dokumentasi dan dianalisa dengan metode induktif dan deduktif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa fase penjelasan masalah dalam pemikiran al-Ghazali bercorak direktif (pengarahan). Konseling Islami sebagai konseling yang merujuk kepada ajaran Islam termasuk satu hal yang baru. Dibandingkan dengan Konseling Barat, konseling Islami tidak hanya mengupayakan mental yang sehat dan hidup sejahtera tetapi juga menunjukkan ke arah hidup yang sakinah, hati merasa tenang dan tentram karena kedekatan dengan Allah. Konselor mengarahkan konseli tentang hal-hal yang harus dijelaskannya. Dengan teori cermin sebagai evaluasi kepribadian, Al-Ghazali memandang bahwa latar belakang masalah konseli adalah karena kerusakan akhlaknya. Penyelesaian masalah (terapi) dalam Konseling Islami al-Ghazali berusaha memotong akar penyebab masalah psikologis, yaitu kemarahan dan syahwat yaitu dengan riyadlah dan mujahadah berupa khalwah, diam, menahan lapar dan tidak tidur di malam hari.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:07
Last Modified: 08 Mar 2025 16:13
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item