?

MUTU ALAT PERAGA EDUKATIF OUT DOR UNTUK STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI RA AL MUNAWWARAH SLARANG)

Nur, Munibah (2023) MUTU ALAT PERAGA EDUKATIF OUT DOR UNTUK STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI RA AL MUNAWWARAH SLARANG). Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
00HALAMAN DEPAN (COVER-LOGO WARNA SD SEBELUM BAB I).pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01SKRIPSI BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02SKRIPSI BAB II.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03SKRIPSI BAB III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04SKRIPSI BAB IV.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05SKRIPSI BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Mutu alat peraga edukatif out dor untuk stimulasi perkembangan anak usia dini adalah suatu alat peraga edukatif berkualitas yang dipasang di luar ruangan yang menjadi alat permainan bagi perserta didik, diharapkan dapat merangsang pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik secara maksimal. Ada beberapa alat peraga edukatif out dor yang dimiliki RA Al Munawwarah Slarang, yaitu komedi putar, prosotan, tangga pelangi, jembatan goyang, Jungkat jungkit dan ayunan ganda. Alat yang paling mampu memberikan stimulasi bagi pengembangan potensi peserta didik adalah ayunan ganda. Maka penelitian ini lebih fokus pada fungsi ayunan ganda tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui fungsi mutu alat peraga edukatif out dor terhadap pengembangan potensi peserta didik di RA Al Munawwarah Slarang Kecamatan Kesugihan. Potensi yang diharapkan mampu berkembang adalah moral dan agama, aspek kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan fisik motorik, perkembangan seni kreatifitas dan sosial emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian adalah salah satu peserta didik RA Al Munawwarah Slarang Kecamatan Kesugihan yang memiliki perilaku khusus dibandingkan dengan peserta didik yang ada pada umumnya. Maka penelitian ini tertuju pada studi kasus anak tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen, observasi dan wawancara. Dari perolehan data yang ada dideskripsikan sehingga menggambarkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi peserta didik yang memiliki perlilaku khusus, setelah sering menggunakan mutu alat peraga edukatif out dor yang ada di RA Al Munawwarah Slarang Kecamatan Kesugihan, khususnya ayunan ganda, mampu memberikan stimulasi terhadap pengembangan potensi peserta didik tersebut. Pengembangan potensi pada peserta didik tersebut antara lain, mampu berhitung dengan jumlah ayunan yang ada dan jumlah gerakan ayunan pada saat digerakkan, mampu membedakan warna ayunan, mampu berbagi giliran dengan teman dan mampu anti menunggu giliran ayunan dengan temannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ahmad Chafid
Date Deposited: 05 May 2025 22:18
Last Modified: 05 May 2025 22:18
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item