?

PENERAPAN MARKETING MIX SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MTS NEGERI 4 CILACAP

Miftah, Khoeriyah (2023) PENERAPAN MARKETING MIX SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MTS NEGERI 4 CILACAP. Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
COVER MIFTAH FIKS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Pustaka.docx.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Kesimpulan.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan marketing mix sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan di MTs Negeri 4 Cilacap, dan untuk mengetahui kendala dan tantangan pemasaran jasa pendidikan di MTs Negeri 4 Cilacap. Jenis Penelitian ini metode kualitatif bersifat deskriptif, subjek penelitian yang diambil adalah Kepala Madrasah, Waka Humas, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Operator, dan Peserta didik. Dengan melakukan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan marketing mix sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan di MTs Negeri 4 Cilacap yang menekankan pada 7P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (phycical eviende), dan proses (process). Dengan ini, dapat dilihat bahwa madrasah dalam memasarkan produknya dalam meningkatkan kualitasnya menunjukkan keunggulannya yang dapat dilihat dari program khusus, kegiatan ekstrakurikuler, prestasi yang dicapai, sarana dan prasarana yang semakin baik, sumber daya manusia yang cukup profesional, dan meningkatnya jumlah peserta didik setiap tahunnya. Dalam melaksanakan promosi MTs Negeri 4 Cilacap dilakukan pemasangan banner, sosialisasi ke SD/MI, penggunaan media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram dan penggunaan website. Namun, masih terdapat kendala pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang perlu ditingkatkan dalam kesadaran akan penggunaan teknologi komunikasi dan fasilitas seperti wifi dalam keberlangsungan mempromosikan madrasah. Kata kunci: penerapan marketing mix, Strategi Pemasaran, jasa pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Chafid
Date Deposited: 05 May 2025 22:20
Last Modified: 05 May 2025 22:20
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item