Wahyu, Nuning and Urip, Umayah and Ofindasari, Ofindasari and Inggar, Aprilia (2021) PERAN GURU DALAM HIDDEN CURRICULUM PADA PEMBELAJARAN DI MI AR ROHMAN KAMULYAN BANTARSARI. -. (Unpublished)
|
Text
TS WAHYU NUNING PERAN GURU DALAM HIDDEN KURIKULUM (2021-2022).pdf Download (372kB) | Preview |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penerapan kurikulumm yang mengintegrasikan antara kurikulum tertulis (written curriculum) dan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) di MI AR ROHMAN KAMULYAN BANTARSARI . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen yang dilakukan pada sekolah dasar al-Muttaqin di Tasikmalaya. Sumber sekunder berupa buku�buku, jurnal, artikel serta karya ilmiah lainnya. Temuan penelitian ini menunjukkan, pertama sekolah kurang memperhatikan hidden kurikulum dalam pembelajaran padahal hidden kurikulum sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan pembelajaran setiap mapel. Kedua, pembelajaran yang memadukan antara kurikulum tertulis dan kurikulum tersembunyi akan menghasilkan pembelajaran yang lebih aplikatif dan kontekstual. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa MI AR ROHMAN KAMULYAN BANTARSARI sebagai sekolah swasta Islam telah menerapkan kurikulum yang memadukan antara tertulis (written curriculum) dan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dengan baik, sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif. Hal tersebut terbukti dari peningkatan nilai Pendidikan karakter.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Depositing User: | Rizki Handayani S.I.Pust |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 07:30 |
Last Modified: | 15 Jan 2023 07:30 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |