?

PERAN GURU DALAM HIDDEN CURRICULUM PADA PEMBELAJARAN DI MI AR ROHMAN KAMULYAN BANTARSARI

Wahyu, Nuning and Urip, Umayah and Ofindasari, Ofindasari and Inggar, Aprilia (2021) PERAN GURU DALAM HIDDEN CURRICULUM PADA PEMBELAJARAN DI MI AR ROHMAN KAMULYAN BANTARSARI. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
TS WAHYU NUNING PERAN GURU DALAM HIDDEN KURIKULUM (2021-2022).pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penerapan kurikulumm yang mengintegrasikan antara kurikulum tertulis (written curriculum) dan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) di MI AR ROHMAN KAMULYAN BANTARSARI . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen yang dilakukan pada sekolah dasar al-Muttaqin di Tasikmalaya. Sumber sekunder berupa buku�buku, jurnal, artikel serta karya ilmiah lainnya. Temuan penelitian ini menunjukkan, pertama sekolah kurang memperhatikan hidden kurikulum dalam pembelajaran padahal hidden kurikulum sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan pembelajaran setiap mapel. Kedua, pembelajaran yang memadukan antara kurikulum tertulis dan kurikulum tersembunyi akan menghasilkan pembelajaran yang lebih aplikatif dan kontekstual. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa MI AR ROHMAN KAMULYAN BANTARSARI sebagai sekolah swasta Islam telah menerapkan kurikulum yang memadukan antara tertulis (written curriculum) dan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dengan baik, sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif. Hal tersebut terbukti dari peningkatan nilai Pendidikan karakter.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 15 Jan 2023 07:30
Last Modified: 15 Jan 2023 07:30
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item