?

ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA CUSTOMER SERVICE REPRESENTATIVE (CSR) MENGGUNAKAN MODEL MULTI CHANNEL SINGLE PHASE (STUDI KASUS: PLASA TELKOM CILACAP)

Desti, Setiawati (2023) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA CUSTOMER SERVICE REPRESENTATIVE (CSR) MENGGUNAKAN MODEL MULTI CHANNEL SINGLE PHASE (STUDI KASUS: PLASA TELKOM CILACAP). Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Plasa Telkom Cilacap merupakan salah satu kantor cabang dari PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) yang bergerak dibidang jasa pelayanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Plasa Telkom Cilacap memegang peranan penting untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kepada pelanggan. Dengan semakin banyaknya kedatangan pelanggan yang ingin segera dilayani dikhawatirkan dapat menimbulkan antrian yang panjang sehingga menyebabkan pelayanan Customer Service Representative (CSR) terhadap kebutuhan pelanggan menjadi tidak optimal. Pada penelitian ini dianalisa sistem antrian pada Plasa Telkom Cilacap menggunakan analisis sistem antrian berdasarkan kinerja antrian dan biaya dengan tujuan untuk mengetahui jumlah optimal CSR yang digunakan Plasa Telkom Cilacap. Saat ini Plasa Telkom Cilacap menggunakan model antrian Multi Channel Single Phase dengan 3 CSR. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah kedatangan, lama pelayanan dan data gaji pegawai. Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa jumlah CSR yang optimal adalah 2 CSR. Kata Kunci: Teori Antrian, Multi Channel Single Phase, Customer Service Representative (CSR).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Matematika
Depositing User: Ahmad Chafid
Date Deposited: 05 May 2025 22:20
Last Modified: 05 May 2025 22:20
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item View Item