Burhan, Purnomo (2023) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN MEDIA SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMA. Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_Burhan Purnomo_19862011005.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_Burhan Purnomo_19862011005.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III_Burhan Purnomo_19862011005.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV_Burhan Purnomo_19862011005.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V_Burhan Purnomo_19862011005.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Burhan Purnomo_19862011005.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN_Burhan Purnomo_19862011005.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat kecanduan media sosial peserta didik di SMA, 2) untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi kecanduan sosial media, dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam mereduksi kecanduan media sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan true eksperimental. Model yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Hasil yang diperoleh selama penelitian yaitu pada saat pretest, tingkat kecanduan media sosial pada siswa dalam kelompok eksperimen 31 responden atau 100% siswa dan kelompok kontrol terdapat 30 responden atau 97% pada kategori tinggi. Setelah diberikan treatment, tingkat kecanduan media sosial kelompok eksperimen 31 responden atau 100% siswa mengalami penurunan ke kategori sedang, sedangkan kelompok kontrol tidak terdapat penurunan yang signifikan dengan 28 responden ataua 90% tetap dalam kategori tinggi. Terdapat pengaruh penerapan teknik self management terhadap kecanduan media sosial siswa SMA. Kecanduan media sosial dapat mempengaruhi hubungan sosial, Kesehatan, kualitas tidur, hingga produktivitas. Dengan diberikan treatment teknik self management, tingkat kecanduan media sosial menurun signifikan dari kategori tinggi ke sedang. Hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa penerapan teknik self management secara signifikan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihitung (0,000) lebih kecil daripada α (0,05). Uji t bernilai yaitu -59,35 dan -22,57 dengan nilai t tabel yaitu 1,6972. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan kecanduan media sosial antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada siswa. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan kecanduan media sosial antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada siswa, sehingga penerapan teknik self management telah terbukti efektif dalam mereduksi secara signifikan tingkat kecanduan media sosial pada siswa di SMA Negeri 1 Adipala. Kata Kunci: kecanduan, media sosial, konseling kelompok, self management
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Ahmad Chafid |
Date Deposited: | 05 May 2025 22:24 |
Last Modified: | 05 May 2025 22:24 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |