?

Keefektifan Konseling Kelompok Teknik SFBT untuk Mengatasi Psikosomatis Siswa Kelas 12 SMA di Kabupaten Cilacap

Tatang, Agus Pradana and Putri, Pancarani (2019) Keefektifan Konseling Kelompok Teknik SFBT untuk Mengatasi Psikosomatis Siswa Kelas 12 SMA di Kabupaten Cilacap. UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI CILACAP.

[img]
Preview
Text
Efektivitas Konseling Kelompok Teknik SFBT Untuk Mengatasi Psikosomatis (ok).pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview

Abstract

Psikosomatis merupakan ganguan fisik yang diakibatkan oleh tekanan emosi dan dan psikologis. Siswa kelas XII cenderung mengalami psikosomatis menjelas ujian akhir dilaksanakan. Gejala yang ditimbulkan berupa pusing, mual, pucat, jantung berdebar-debar dan sesak nafas. Dengan demikian siswa membutuhkan bantuan konselor sekolah guna menangani hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan konseling kelompok teknik SFBT untuk mnegatasi psikosomatis siwa kelas XII SMA di Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimen. Sampel data adalah 8 siswa SMA di Kabupaten Cilacap yang diambil menggunakan teknik pusposive sample. Instrument yang digunakan adalah skala psikosomatis yang digunakan sebagai pre-test dan posttest. Analisis data menggunakan uji Paired-Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan jika konseling kelompok dengan teknik SFBT efektif digunakan untuk mengatasi psikosomatis pada siswa kelas XII SMA di Kabupaten Cilacap. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya penurunan pada kategori psikosomatis siswa setelah dilakukan treatment berupa layanan konseling kelompok teknik SFBT.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:08
Last Modified: 07 Jun 2023 08:08
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item