?

EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD

Wahyu, Nuning and Galuh, Rahayuni (2021) EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD. EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
TS WAHYU NUNING EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik yang layak untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Bener 1 Ngrampal Sragen.Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest-postest, wawancara, dan angket.Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,56 ( kriteria sangat baik). Hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4,59 ( kriteria sangat baik). Hasil uji coba memperoleh kriteria sangat baik yaitu hasil uji coba lapangan operasional memperoleh rata-rata skor 4,43. Sedangkan hasil uji coba praktisi guru memperoleh rata-rata skor 4,74 dengan kriteria sangat baik. Hasil pretest-postest melalui uji rata beda sebesar 0,037 dan peningkatan rata-rata nilai keterampilan membaca pemahaman setelah penggunaan media komik sebesar 0,376 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil uji coba, media komik layak untuk digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 13 Jan 2023 10:58
Last Modified: 13 Jan 2023 10:58
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item