?

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA POP UP UNTUK SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 01 KEDUNGBANTENG

Khikmah, Afiah (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA POP UP UNTUK SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 01 KEDUNGBANTENG. Other thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL-GHAZALI CILACAP.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA POP UP UNTUK SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 01 KEDUNGBANTENG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul selama proses pembelajaran menulis di kelas, khususnya pelajaran menulis cerita pendek pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengupayakan adanya peningkatan terhadap aktivitas belajar dan keterampilan menulis cerita pendek siswa dengan menerapkan bantuan menggunakan media pop up. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis cerita pendek ini siswa dengan menerapkan bantuan media pop up. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri atas 2 Siklus yang pada setiap Siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di MI Ma’arif NU 01 Kedungbanteng yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerita pendek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya tes, lembar penilaian tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, catatan lapangan, wawancara, angket dan jurnal siswa serta dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan proses pembelajaran dengan kategori minimal baik (B) dan nilai akhir cerpen siswa memenuhi ketuntasan klasikal minimal 70. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menerapkan bantuan media po p up peristiwa dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek. Pada Siklus I aktivitas proses pembelajaran siswa mendapat kategori cukup (C), sedangkan pada Siklus II mendapat kategori baik (B). Sementara itu, rata-rata nilai cerita pendek siswa pada Prasiklus adalah 62,04, Siklus I sebesar 77,07 dan Siklus II sebesar 82,89 dengan ketuntasan klasikal 100%. Adapun Proses peningkatan pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan yaitu: 1) siswa mempelajari materi unsur-unsur cerita pendek, 2) siswa mempelajari materi kebahasaan, 3) siswa mempelajari cara menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan media pop up, dan 4) siswa menulis cerita pendek menggunakan media pop up. Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek pada Siklus I, dapat meningkatan keterampilan menulis cerita pendek pada Siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media pop up , keterampilan menulis cerita pendek
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Guru MI
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:50
Last Modified: 06 Sep 2022 03:50
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item