?

KOMPARASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN HASAN AL-BANNA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM

MUGI, RAHAYU (2022) KOMPARASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN HASAN AL-BANNA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM. Other thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI CILACAP.

[img]
Preview
Text
KOMPARASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN HASAN AL-BANNA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Al-Ghazali dan Hasan Al-Banna tentang pendidikan Islam, mengetahui persamaan dan perbedaan diantara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode Library Research atau kajian Pustaka dengan jenis pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan dari berbagai sumber seperti buku, majalah, jurnal maupun artikel yang berkaitan dengan penelitian. Adapun Obyek penelitian ini adalah literatur-literatur yang berkaitan dengan Pemikiran Al-Ghazali dan Hasan Al-Banna serta pendidikan Islam. Dari penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam dalam persepktif Al-Ghazali adalah proses memanusiakan manusia sejak masa kejadiannya sampai akhir hayatnya melalui berbagai ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara bertahap, dimana proses pengajaran itu menjadi tanggung jawab orang tua dan masyarakat menuju pendekatan diri kepada Alloh sehingga menjadi manusia sempurna. Sedangkan dalam perspektif Hasan Al-Banna, pendidikan Islam yaitu suatu sarana dan upaya sadar yang dilakukan demi terciptanya individu, keluarga, masyarakat, dan pemerintahan muslim yang sesuai dengan tuntunan al-Quran dan Hadist. Persamaan pemikiran antara Al-Ghazali dan Hasan Al-Banna terletak pada asas atau pondasi dalam pendidikan Islam, yakni sama-sama bersumber dari Al-Quran dan Hadist. Tujuan pendidikan Al-Ghazali lebih mengarah pada tujuan per individual yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, sedangkan Hasan Al-Banna merumuskan tujuan pendidikan dari tingkat individu sampai pada tingkat pemerintah. Terkait dengan kurikulum pendidikan, Al-Ghazali menyebutkan materi pendidikan Islam yang meliputi materi pendidikan keimanan, akliyah, jasmani, sosial dan pendidikan akhlak. Sedangkan Hasan al-Banna menyebutkan materi pendidikan yang meliputi pendidikan akal, jasmani dan hati (qalbu).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Al-Ghazali, Hasan Al-Banna
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teguh Wibowo S.Pd.I
Date Deposited: 22 Aug 2022 16:12
Last Modified: 22 Aug 2022 16:12
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item