?

EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI ERA PANDEMI PADA SMP NEGERI 2 KESUGIHAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SUWARNI, SUWARNI (2022) EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI ERA PANDEMI PADA SMP NEGERI 2 KESUGIHAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL-GHAZALI CILACAP.

[img]
Preview
Text
EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI ERA PANDEMI PADA SMP NEGERI 2 KESUGIHAN TAHUN PELAJARAN 20202021.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 membuat pembelajaran tatap muka (normal) menjadi pembelajaran daring begitupun dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Oleh karena itu, ada banyak perbedaan dalam proses pembelajaran daring yang membuat peneliti ingi melakukan penelitian evaluasi terhadap pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Kesugihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran PAI selama masa pandemi covid-19 dengan melihat kebijakan dan kesiapan sekolah tersebut dalam melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian lapangan dengan metode deskriptif tentang proses pembelajaran daring mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kesugihan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan observasi, sedangkan untuk sumber data yang diambil untuk penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI, dan perwakilan siswa/siswi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran daring mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kesugihan kurang efektif dikarenakan masih lebih banyak kendala daripada kelebihan yang diharapkan walaupun dari sekolah sendiri sudah mencoba mempersiapkan pembelajaran daring ini dengan semaksimal mungkin. Selain itu, proses pembelajaran yang berbeda mulai dari perencanaan pembelajaran yang masih ada beberapa komponen rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbeda, pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan aplikasi belajar online yang masih terkendala oleh sinyal/jaringan, dan evaluasi pembelajaran yang kurang terintegritas juga menjadi beberapa kendala.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran Daring, dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 22 Aug 2022 16:01
Last Modified: 22 Aug 2022 16:01
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item