Khusnul, Khotimah (2022) IMPLEMENTASI METODE BANDUNGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB “MAHIR ILMU HAID, NIFAS DAN ISTIHADOH” DI PONDOK PESANTREN AL IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
|
Text
IMPLEMENTASI METODE BANDUNGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB “MAHIR ILMU HAID, NIFAS DAN ISTIHADOH” DI PONDOK PESANTREN AL IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP .pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Kitab Mahir Ilmu Haid, Nifas dan Istihadoh adalah salah satu kitab yang membahas tentang ilmu haid. Kitab ini digunakan sebagai referensi pembelajaran untuk santri baru di Pondok Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin. Selain di Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin, bahwasanya di pesantren-pesantren lain juga menggunakan kitab tersebut, sebagai referensi pembelajaran ilmu haid, dikarenakan kitab mahr ilmu haid, nifas dan istihadoh dianggap mudah untuk dipahami dan mudah untuk dipelajari, yang dilengkapi dengan penjelasan bahasa indonesia. Materi haid dikenal dengan materi yang susah untuk dipelajari. Hal ini disebabkan dari beberapa faktor misalnya dari dalam diri santri, dari metode yang digunakan, cara guru dalam menjelaskannya, kurangnya semangat santri dalam belajar. Sehingga guru harus mencari jalan keluar agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dalam pembelajaran ini guru bukan hanya menggunakan metode bandungan saja. Akan tetapi guru menggunakan metode bandungan yang divariasi dengan diskusi. Tujuan adanya varian metode yaitu untuk menciptakan suasana belajar yang baru yang aktif dan menyenangkan sehingga dapat memberikan kesan yang baik kepada santri. Selain itu dengan adanya diskusi santri dilatih untuk berfikir, berargumen, menghargai dan tampil untuk percaya diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tepat atau tidaknya menerapkan metode bandungan yang divariasi dengan diskusi dalam pembelajaran Mahir Ilmu Haid, Nifas dan Istihadoh di Pondok Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian jenis lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan model Milles and Hubermen melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukaan metode yang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Haid, Nifas dan Istihadoh yaitu metode bandungan yang divariasi menggunakan diskusi yang bertujuan untuk mengubah suasana belajar santri menjadi suasana yang asyik, nyaman, dan hidup. Selain itu juga dengan diskusi santri dilatih untuk berfikir, berargumen, tampil percaya diri, bertukar ilmu pengetahuan dan menambah wawasan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Chafid |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 15:37 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 15:37 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1152 |
Actions (login required)
View Item |