Ibnu, Soleh (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA RAUDLATUL HUDA ADIPALA CILACAP. Other thesis, Universitas Nahdlatul ulama Al Ghazali Cilacap.
|
Text
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA RAUDLATUL HUDA ADIPALA CILACAP.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Salah satu bidang studi yang termasuk dalam Pendidikan agama yaitu fiqih. Secara umum fiqih merupakan salah ilmu agama yang membahas tentang hukum-hukum yang mengatur pola hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya. Fiqih pada kenyataannya dapat menjadi alat kontrol bagi peserta didik dalam mengarungi kehidupannya dan dengan materi ini diharapkan aktifitas peserta didik tidak lepas dari norma-norma agama. Tentunya harapan-harapan yang ingin dicapai dari pembelajaran ini, harus didukung oleh proses belajar mengajar yang efektif yang dapat mempermudah pemahaman peserta didik terhadap bidang studi fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk memberi cara atau jalan yang lebih cepat dan tepat dalam mentranser ilmu kepada peserta didik, pada mata pelajaran fiqih, yang mana ilmu agama terutama ilmu fikih seharusnya sesuai dengan ketentuannya pemilik ilmu (shohibusy syar’i). Semua itu harus dilaksanakan dengan praktikum atau metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti suatu kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu peristiwa pada masa sekarang. Variabel yang diteliti meliputi kegiatan belajar, pemahaman siswa terhadap materi, dan hasil belajar yang berhasil dicapai siswa setelah dilaksanakan skenario pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara yang didukung oleh data hasil dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran ini, yang dilaksanakan ulangan harian, sejumlah 60% siswa yang mencapai kategori tuntas, nilai rerata hasil belajar baru mencapai 71,12 dan pemahaman siswa masih 68,26 % belum mencapai nilai tinggi. Pada ulangan harian kedua terjadi peningkatan, siswa yang mencapai kategori tuntas 85,45 %, hasil belajar mencapai rerata 90,3 dan pemahaman siswa terhadap materi mencapai rerata nilai 92,77 termasuk kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Chafid |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 15:25 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 15:26 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1142 |
Actions (login required)
View Item |