?

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SCRIBE TEMA PENGALAMANKU DI KELAS II SD N 3 TINGGARJAYA

Gigih Winandika, Gigih PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SCRIBE TEMA PENGALAMANKU DI KELAS II SD N 3 TINGGARJAYA. PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SCRIBE TEMA PENGALAMANKU DI KELAS II SD N 3 TINGGARJAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel final.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran termasuk komponen yang penting, sebab memudahkan pendidik untuk memberikan kepada siswa. Berlandaskan hasil wawancara dan pengamatan dengan guru kelas II, di dalam kelas siswa lebih antusias merespon guru jika dalam proses kegiatan belajar mengajarnya menggunakan media pembelajaran. Hal ini yang mendasari dilakukan pengembangan video pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan pembelajaran video scribe dan mengetahui kelayakan. Penelitian ini sebagai penelitian pengembangan (R&D) yang mengambil dari model pengembangan Brog & Gall yang mencakup 10 tahapan yaitu pengumpulan & penelitian perencanaan, revisi produk akhir, informasi, pengembangan bentuk produk, revisi terhadap produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk operasional, uji coba utama yang dilandaskan pada hasil uji coba pendahuluan, uji coba operasional, dan deseminasi serta penerapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi media dikategorikan sangat layak dengan tingkat kevalidan 93,75%, selanjutnya hasil validasi meteri termasuk kriteria sangat layak dengan tingkat kevalidan 85,31%, selanjutnya respon guru dikategorikan kriteria sangat layak dengan tingkat kevalidan 81,25% dan selanjutnya hasil pada respon tanggapan siswa tergolong pada kriteria sangat layak dengan hasil uji t tingkat sig 0.00 < 0,05 maka bisa didapat sebuah kesimpulan penerapan pengembangan video pembelajaran efektif untuk memaksimalkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Aris Naeni Dwiyanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:15
Last Modified: 07 Apr 2022 01:15
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item View Item