PERANCANGAN USER EXPERIENCE PEBISNIS PADA SISTEM PEMASARAN WARALABA PRODUK UMKM MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES

ZULKIFLI, ASDARIANTO (2017) PERANCANGAN USER EXPERIENCE PEBISNIS PADA SISTEM PEMASARAN WARALABA PRODUK UMKM MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES. Other thesis, INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN USER EXPERIENCE PEBISNIS PADA SISTEM PEMASARAN WARALABA PRODUK UMKM MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES)
39.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (28MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki banyak UMKM yang memiliki produk yang diwaralabakan, namun di Indonesia belum banyak wadah untuk menjual waralaba tersebut secara online. Penelitian ini berfokus pada pengembangan user experience (UX) sistem pemasaran waralaba produk UMKM menggunakan metode five plane user experience elements. Pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan pengguna dan tujuan bisnis stakeholder pada bagian strategy plane. Pada bagian scope plane, penentuan fitur dan spesifikasi fungsional dilakukan. Perancangan interaksi dan analisis task menggunakan hierarchical task analysis (HTA) dilakukan pada structure plane. Prototipe low fidelity dan medium fidelity dibuat pada bagian skeleton plane dan surface plane. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan 247 poin web usability guidelines dan usabillity testing dengan teknik task success. Total rata-rata nilai pemenuhan guidelines untuk medium fidelity adalah 79%, sedangkan hasil dari usabillity testing menghasilkan 8 task yang berhasil dilakukan dan 1 task yang tidak berhasil dilakukan. Kata kunci: pebisnis, pengalaman pengguna, waralaba, UKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:22
Last Modified: 30 Jul 2019 07:39
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item