?

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ILMU TEKNOLOGI (IT) BERBENTUK PUTAR DADU PADA MATERI IPS KELAS V TEMA 5 EKOSISTEM

Fajri, Septiani (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ILMU TEKNOLOGI (IT) BERBENTUK PUTAR DADU PADA MATERI IPS KELAS V TEMA 5 EKOSISTEM. Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Fajri Septiani.17862061010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ilmu Teknologi (It) Berbentuk Putar Dadu Pada Materi IPS Kelas V Tema 5 Ekosistem. Cilacap: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap, Juni, 2022. Fajri Septiani.17862061010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ilmu Teknologi (IT) Berbentuk Putar Dadu Pada Materi IPS Kelas V Tema 5 Ekosistem. Cilacap: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap, Juni, 2022. Seorang pendidik dalam melakukan kegiatan pembelajaran membutuhkan media pembelajaran yang menarik selain lembar kerja siswa (LKS), buku siswa dan BSE (Buku Sekolah Elektronik) tema 5 kelas V sekolah dasar. Dalam hal ini pendidik dapat menggunakan media pembelajaran permainan putar dadu yang dapat dikembangkan, dapat dikemas secara inovatif dan menarik menggunakan PowerPoint dapat membuat materi abstrak menjadi konkret. Tujuan dari penelitian yang akan peneliti kembangkan yaitu untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis IT berbentuk permainan putar dadu yang efektif dan layak digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelaaran pada kelas V SD tema 5 muatan pembelajaran IPS Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis secara deskriptf. Perolehan data yang diambi dalam penelitian ini dilakukan melalui angket yang telah diisi oleh para ahli, guru, dan peserta didik yang berbentuk kualitatif kemudian diubah menjadi kuantitatif menggunakan skala likert yang terbagi menjadi 4 skor penilaian. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil validasi ahli media menunjukan jumlah keseluruhan data 64,8% dengan kriteria layak digunakan, ahli Bahasa mendapatkan 75% dengan kriteria layak digunakan, dan ahli materi mendapatkan 97% dengan kriteria sangat layak digunakan. Penilaian rata-rata kelayakan produk oleh guru 94 % dengan kriteria sangat layak digunakan, sedangkan penilaian rata-rata kelayakan produk oleh peserta didik 92,9% dengan kriteria sangat layak digunakan, menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan putar dadu yang dikembangkan oleh peneliti layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Media permainan putar dadu dikatakan efektif dengan hasil perhitungan uji T yang menunjukkan nilai signifikansi tailed < 0,05 (0,000<0,05) Kata Kunci : Pengembangan, Media Berbasis IT, Permainan Putar Dadu dan Tema 5 Ekosistem Kelas V

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ahmad Chafid
Date Deposited: 05 May 2025 22:19
Last Modified: 05 May 2025 22:19
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1455

Actions (login required)

View Item View Item