Agus, Abdul Awal (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA SD IT AS-SHOLEH GUMILIR CILACAP. Diploma thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
|
Text
Agus_abdul_Awal_1923211003_Halaman_Depan.pdf Download (889kB) | Preview |
|
|
Text
Agus_abdul_Awal_1923211003_Bab_1.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Agus_abdul_Awal_1923211003_Bab_2.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
Agus_abdul_Awal_1923211003_Bab_3.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Agus_abdul_Awal_1923211003_Bab_4.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
Agus_abdul_Awal_1923211003_Bab_5.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
Agus_abdul_Awal_1923211003_Daftar_Pustaka.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Agus Abdul Awal. Skripsi, 2023. STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA SD IT AS-SHOLEH GUMILIR CILACAP. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Keagamaan Islam (FKI) Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap (UNUGHA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur'an siswa SD IT As-Sholeh Gumilir Cilacap. Terciptanya strategi yang layak dapat digunakan dan membantu guru PAI dalam pembelajaran al-Qur’an. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di SD IT As-Sholeh Gumilir Cilacap. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SD IT As-Sholeh, Waka Kurikulum SD IT As-Sholeh dan Guru PAI SD IT As-Sholeh. Data-data yang berkaitan dengan penelitian tentang strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa SD IT As-Sholeh Gumilir Cilacap ini dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan pengumpulan data serta dianalisis, maka penelitian ini dapat menghasilkan beberapa temuan, diantaranya: (1) Faktor yang mempengaruhi siswa dalam belajar membaca al-Qur’an adalah semangat siswa dan motivasi dari teman yang sudah bisa membaca al-Qur’an. Serta penyebab kesulitan siswa dikarenakan disaat dirumah tidak mengulang bacaan al-Qur’an-nya; (2) Program yang diadakan berupa mengaji disetiap pagi setelah melakukan shalat sunah dhuha dan peogram BTQ. Sedangkan strategi yang digunakan oleh guru PAI adalah strategi pembelajaran aktif dengan menggunakan metode An-Nahdliyah pendekatan klasikal; (3) Faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca al-Qur’an berasal dari latar belakang siswa, keluarga dan lingkungan. Untuk faktor pendukungnya dengan adanya prasarana yang disediakan oleh SD IT As-Sholeh berupa asrama. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Faktor pendukung dan penghambat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Chafid |
Date Deposited: | 05 May 2025 22:21 |
Last Modified: | 05 May 2025 22:21 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |