?

ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM MERDEKA DAN IMPLEMENTASINYA DI MI ISLAMIYAH KROYA

UMI, ZULFA and WAHYU, NUNING BUDIARTI and DIAH, GALUH PRIHATIN and GITA, CAHYANI (2022) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM MERDEKA DAN IMPLEMENTASINYA DI MI ISLAMIYAH KROYA. UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI CILACAP.

[img] Text
35-Analisis Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka dan Implementasinya di MTs MINAT Kesugihan.docx - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah tentang mendorong peserta didik menjadi manusia seutuhnya yang memiliki hati nurani, akal, raga, rasa dan tujuan. Tujuan pembelajaran yang diuraikan dalam artikel ini adalah untuk meningkatkan disiplin belajar siswa MI Islamiyah Kroya Dalam kurikulum merdeka, pendidikan karakter mengacu pada upaya optimal untuk menumbuhkan karakter dasar peserta didik yang sesuai atau berkaitan dengan nilai-nilai pancasila. Tujuannya adalah agar siswa benar-benar memahami makna karakter, memahami alasan perlunya karakter, dan menerapkan karakter dalam interaksi, posisi dan peran sosial yang mereka mainkan di sekolah dan di luar sekolah. Implementasi pendidikan karakter di Indonesia bersumber dari Pancasila yang menjadi dasar nilai penting. Pengembangan pendidikan karakter dipandu oleh buku pemerintah, yang diulas lebih detail oleh seluruh sekolah yang mengelola langsung situasi tersebut. Oleh karena itu, tidak heran jika setiap sekolah memiliki wacana dan praktik yang berbeda dalam pelaksanaan pendidikan karakter karena kondisinya juga berbeda di setiap sekolah

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 07 Jun 2023 05:34
Last Modified: 07 Jun 2023 05:34
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1366

Actions (login required)

View Item View Item