Harum, Nisaul Wafa (2022) PENINGKATAN HAFALAN MUFRODAT SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MY HAPPY ROUTE KELAS V MI YA BAKII KALISABUK 02. Other thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL-GHAZALI CILACAP.
|
Text
PENINGKATAN HAFALAN MUFRODAT SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MY HAPPY ROUTE KELAS V MI YA BAKII KALISABUK 02.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran my happy route dalam meningkatkan hafalan mufrodat bahasa Arab siswa kelas V MI YA BAKII Kalisabuk 02 tahun 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 65 siswa. Yang terdiri dari kelas VA sebanyak 33 siswa, dan di kelas VB sebanyak 32 siswa. Dalam penelitian ini diambil sampel dikelas VB. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin. Subyek dalam penelitian ini adalah guru, siswa kelas V MI YA BAKII Kalisabuk 02. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab melalui media pembelajaran my happy route untuk meningkatkan hafalan mufrodat siswa kelas V dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). (2) Melalui media pembelajaran my happy route dapat meningkatkan hafalan mufrodat dan hasil belajar siswa kelas VB. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang tuntas pada pra siklus sebanyak 20 siswa atau 63%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 72%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 69%. Dan pada siklus III siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 72%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Pembelajaran My Happy Route, Hafalan Mufrodat Bahasa Arab. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Rizki Handayani S.I.Pust |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 03:50 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 03:50 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1212 |
Actions (login required)
View Item |