?

KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE REMAJA

Hamdiyah, Hamdiyah (2018) KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE REMAJA. Other thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE REMAJA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hamdiyah, 14862011006, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok melalui teknik Expressive Writing untuk meningkatkan Self Disclosure remaja. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan variabel terikat yaitu Self Disclosure dan variabel bebas yaitu Expressive Writing. Desain penelitian ini ialah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini ada dua yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah siswa kelas VIII SMPN 02 Maos, dan kelompok kontrol adalah siswa kelas VIII SMP YA BAKII 01 Kesugihan. Teknik Sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 14 siswa eksperimen dan 14 siswa kontrol. Siswa dibagi dalam tiga kelompok yaitu kelas D (5 siswa), kelas F (4 siswa), kelas G (5 siswa) menjadi kelompok eksperimen dan 14 siswa menjadi kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner self disclosure. Teknik analisis data menggunakan analisis Uji t Independent Sample t Test. Hasil data sebelum dan setelah dilakukan konseling kelompok melalui teknik Expressive Writing adalah rendah secara perlahan berubah menjadi sedang dan tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata hasil pretest dan postest nilai skor dari 57,36 menjadi 71,14 dengan prosentase 14,55%. Sedangkan, pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata hasil pretest dan postest nilai skor dari 54,78 menjadi 55,5 dengan prosentase 7,14%. Sedangkan hasil uji hipotesis yaitu dengan melihat perbedaan hasil Self Disclosure siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan pada taraf signifikansi 0,025. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh penggunaan teknik Expressive Writing terhadap Self Disclosure pada siswa kelas VIII SMPN 02 Maos. Hal tersebut dibuktikan dari hasil Uji t Independent Sample t Test. Dimana t hitung > t tabel maka diperoleh hasil (7,087 > 2,056) sehingga Ha diterima. Kata kunci: Expressive Writing, Self Disclosure.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Ahmad Mukhlasin Alkasuba
Date Deposited: 15 Sep 2020 07:55
Last Modified: 15 Sep 2020 07:55
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item View Item