?

SOSIALISASI PEMILIHAN JURUSAN KULIAH BERDASARKAN BAKAT, MINAT DAN KEPRIBADIAN

Linda Mey, Lestari and Hadi, Muridan (2020) SOSIALISASI PEMILIHAN JURUSAN KULIAH BERDASARKAN BAKAT, MINAT DAN KEPRIBADIAN. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap.

[img]
Preview
Text
2 SOSIALISASI PEMILIHAN JURUSAN KULIAH BERDASARKAN.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Pemilihan jurusan kuliah berdasarkan bakat, minat, dan keribadian merupakan bagian dari komponen layanan peminaatan dan perencanaan individual yang bertujuan agar peserta didik dapat memilih jurusan perkuliahan dengan sesuai bakat, minat serta kepribadiaannya dengan tepat. Bakat adalah suatu kemampuan bawaan bersifat potensial, yang masih perlu diasah dan dilatih kembali agar dapat menjadi suatu kemampuan, keahlian, dan keterampilan yang mumpuni.1 Layanan ini dilakukan secara bimbingan klasikal yang berpusat pada bidang karir. Layanan bimbingan karir ini diharapkan dapat membina siswa dapat memilih karirnya di masa depan, sehingga kebingungan dalam memilih karir dapat teratasi.2 Sosialisasi Pemilihan jurusan berdasarkan minat, bakat dan kepribadian ini dilakukan berdasarkan assesment kebutuhan khususnya kelas XII yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tetapi masih awam dengan jurusan yang ada di pergurun tinggi baik negeri maupun swata serta belum mengetahui minat, bakatnya yang masih bingung dan ingin mengambil jurusan di perkuliahan nantinya. Alokasi waktu pada saat melaksanakan bimbingan klasikal dengan topik pemilihan jurusan berdasarkan minat, bakat dan kepribadian ini dilakukan selama 1 jam pelajaran atau setara dengan 45 menit. Sasaran layanan ini adalah kelas XII IPA 2 dengan yang diikuti oleh 18 peserta didik. Referensi yang digunakan yaitu dengan mengacu pada buku, situs google dan chanel youtube yang terpercaya dan kemudian dimodifikasi menjadi bentuk powerpoint dan video.Penanganan pembelajaran pada peserta didik dilakukan dengan mengelola kelas dengan baik dan membangun pembelajaran bimbingan klasikal yang interaktif dan menarik sehingga memicu pemahaman yang tinggi pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Depositing User: Linda Mey Lestari
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:43
Last Modified: 13 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item View Item