USULAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI WAKTU PROSES PEMELIHARAN KENDARAAN MELALUI PENDEKATAN LEAN PRODUCTION PROCESS (STUDI KASUS DI PT. AUTO2000 Cabang CILANDAK)

Satia, Gumilar Ramdhani (2019) USULAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI WAKTU PROSES PEMELIHARAN KENDARAAN MELALUI PENDEKATAN LEAN PRODUCTION PROCESS (STUDI KASUS DI PT. AUTO2000 Cabang CILANDAK). Other thesis, http://unugha.ac.id.

[img]
Preview
Text
USULAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI WAKTU PROSES PEMELIHARAN KENDARAAN MELALUI PENDEKATAN LEAN PRODUCTION PROCESS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

AUTO2000 merupakan perusahaan penyedia jasa pemeliharaan kendaraan Toyota berusahaa untuk selalu meningkatkan keunggulan layanan dengan tepat dan cepat dimana hal tersebut diharapkan dapat mampu memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Pada kenyataanya hal tersebut masih belum dapat memenuhi target yang telah ditentukan. Waktu proses pemeliharaan kendaraan Toyota masih melebihi target yang telah ditentukan perusahaan dalam bentuk KPI. Lean Process merupakan pendekatan yang bertujuan untuk meminimasi pemborosan yang terjadi pada aliran proses. Pemahaman kondisi dari proses digambarkan dalam Value Stream Mapping untuk selanjutnya dilakukan pembobotan untuk mengetahui waste yang dominan. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa melalui Value stream mapping diketahui tahapan proses service merupakan faktor dominan penyebab lamanya waktu proses pemeliharaan kendaraan. Pembobotan dan pemeringkatan aktivitas pemeliharaan kendaraan yang menyebabkan waktu proses perawatan tinggi diperoleh bahwa proses service menduduki urutan teratas dengan nilai akumulasi sebesar 31%. Dari hasil Root Cause Analysis diketahui bahwa akar penyebab dari lamanya proses service yaitu tranining skill yang belum merata, belum ada konsistensi pelaksanaan urutan kerja sesuai SOP, SST belum memenuhi kebutuhan stall produksi, belum ada penempatan lokasi alat yang jelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Prodi Teknik Industri
Depositing User: Ninik Agustin .
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:47
Last Modified: 19 Jul 2019 04:47
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item