PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MB PADA STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI DI SMKN 2 WONOSARI

Budi, Kris stina (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MB PADA STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI DI SMKN 2 WONOSARI. Other thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENER MENIN STA RAPAN ME NGKATKA NDAR KO MEK ETODE PE AN PRESTA OMPETEN KANIK PRE EMBELAJA ASI BELA SI MENGU ESISI DI S ARAN PEE AJAR SISW UKUR DEN SMKN 2 W ER TEACH WA KELAS NGAN AL WONOSARI HING UNT S X MB PA LAT UKUR I UK ADA R)
anzdoc.com_skripsi-gelar-sarjana-pendidikan-teknik.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui urutan proses penerapan metode pembelajaran peer teaching yang efektif pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi kelas X MB SMKN 2 Wonosari; (2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas X MB SMKN 2 Wonosari dengan diterapkannya metode pembelajaran peer teaching pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, berlangsung dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum memasuki tahap siklus I, II dan III terdapat tahap pra siklus yang berguna untuk mengetahui prestasi dan keaktifan belajar sebelum diberi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MB SMKN 2 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013 pada proses pembelajaran standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes prestasi dan lembar observasi. Data kuantitatif yang didapatkan kemudian dianalisis dengan statistika deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan: (1) Urutan proses penerapan metode pembelajaran peer teaching yang efektif pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi, yaitu: (a) Perencanaan dilakukan oleh peneliti dan guru dengan menyiapkan RPP, jobsheet, format WP, instrumen penelitian, daftar kelompok, media dan alat untuk dokumentasi; (b) Tindakan dilakukan oleh guru dan peer teaching; (c) Pengamatan dilakukan oleh peneliti dan guru, aspek yang diamati proses pembelajaran dan prestasi belajar. Selama proses pembelajaran berlangsung menunjukan adanya peningkatan kualitas dalam pembelajaran yang ditunjukan oleh meningkatnya keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 4,99 %, ke siklus II sebesar 33,26 %, dan ke siklus III sebesar 34,43 %; (d) Refleksi pada siklus I penerapan metode pembelajaran peer teaching dapat meningkatkan prestasi belajar maka dilanjutkan pada siklus II untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan dilanjutkan pada siklus III untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa dengan merubah putaran praktik; (2) Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra siklus ke siklus I sebesar 3,9 %, ke siklus II sebesar 6,5 % dan ke siklus III sebesar 7,8 %. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 77, pada siklus I meningkat menjadi 80, pada siklus II meningkat menjadi 82 dan pada siklus III meningkat menjadi 83. Kata kunci: prestasi belajar, keaktifan belajar dan peer teaching

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Prodi Teknik Kimia
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 15 Dec 2018 03:52
Last Modified: 15 Dec 2018 03:52
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item