Wahyu, Nuning (2021) PELATIHAN MAHIR DAN SELANCAR DI DUNIA MAYA DALAM KEGIATAN LITERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA. -.
|
Text
APznzaYYqWlmjM0SUTViwk7zOjqd3669VkiZtMUxMt8OXYvmhOEKgkHtnjifY7QYQeuJ3QOBnMsrRAVoVDUAyVr5CJxTD8BnjxhR4XrHzP5kwAedgCsZyHbpCsbnqSGIvCAGlI1j54SCnHVzA0eNapNu-wLumgVhVZAEEw4m1jS3ExRiWcGv-k2_L7XAUrukMJ8fqUgo_yLo_x.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Literasi digital merupakan kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber digital. Kajian literasi digital sudah banyak diteliti oleh beberapa ahli di lingkup internasional, namun di Indonesia penelitian di bidang ini belum banyak dilakukan. Kompetensi literasi digital ini berguna untuk menghadapi ledakan informasi akibat munculnya internet. Faktanya, saat ini pengguna internet semakin meningkat dan mayoritas pada mahasiswa. Penggunaan internet oleh mahasiswa pun bervariasi, bukan hanya digunakan untuk mencari informasi akademik melainkan juga untuk membangun relasi melalui situs jejaring sosial. Permasalahannya, kemajuan teknologi internet menyebabkan penggunaan teknologi informasi yang berlebihan di kalangan mahasiswa sehingga menimbulkan terjadinya kasus-kasus yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan tingkat kompetensi literasi digital mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali yang ditinjau berdasarkan aspek pencarian di internet, pandu arah hypertext, evaluasi konten informasi serta penyusunan pengetahuan menggunakan teori literasi digital. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan Microsoft Excel dengan hasilnya berupa tabel frekuensi dan tabel skor. Tabel skor digunakan untuk menunjukkan tingkat literasi kompetensi digital mahasiswa UNUGHA dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat literasi digital berdasarkan 4 aspek sebagai berikut: tingkat literasi digital mahasiswa berdasarkan aspek internet searching sudah tergolong tinggi, tingkat literasi digital mahasiswa berdasarkan aspek hypertextual navigation sudah tergolong tinggi, tingkat literasi digital mahasiswa berdasarkan aspek content evaluation masih tergolong sedang, serta tingkat literasi digital mahasiswa berdasarkan aspek knowledge assembly sudah tergolong sedang.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Eli Fitriana S.Pd. |
Date Deposited: | 14 Jan 2023 10:26 |
Last Modified: | 14 Jan 2023 10:26 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |