?

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MI DARWATA KARANGJATI 02

Anti, Wahdatul Maufuroh (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MI DARWATA KARANGJATI 02. Other thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL-GHAZALI CILACAP.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MI DARWATA KARANGJATI 02.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada saat observasi dilaksanakan di kelas IV MI Darwata Karangjati 02 yaitu keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih kurang optimal. Masih terlihat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga interaksi dalam pembelajaran tergolong rendah. Terbukti pada saat pembelajaran tidak ada siswa yang bertanya, ada beberapa siswa yang mengantuk, dan siswa tidak mampu menjawab dengan sempurna pertanyaan yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi masalah tersebut guru harus memilih secara tepat metode pembelajaran yang akan digunakan. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran IPA yang dapat digunakan oleh guru adalah metode pembelajaran eksperimen yaitu salah satu pembelajaran dimana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen dalam pemelajaran IPA materi fotosintesis di kelas IV MI Darwata Karangjati 02 dan untuk menganalisis peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA materi fotosintesis di kelas IV MI Darwata Karangjati 02 melalui metode pembelajaran eksperimen. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Darwata Karangjati 02. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. sumber data pada penelitian ini meliputi siswa kelas IV, guru kelas IV, guru mata pelajaran IPA, teman sejawat, dan peneliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observas, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan pada siklus I mencapai 87%, kemudian guru melakukan perbaikan dengan melakukan apersepsi lebih mendalam, mengondisikan siswa untuk berpindah kelas di sebelah kantor, dan menambahkan alat dan bahan percobaan serta membagi rata tugas setiap anggota kelompok dapat meningkatkan keaktifan menjadi 94% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada saat observasi awal sebesar 63,04% kemudian dengan menggunakan metode eksperimen yang melibatkan siswa dalam melaksanakan percobaan dengan bimbingan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sklus I mencapai rata-rata 90%, selanjutnya guru melakukan perbaikan sehingga hasil belajar meningkat dengan rata-rata 94% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, metode eksperimen.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Guru MI
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:01
Last Modified: 02 Sep 2022 04:01
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item