?

UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN (TPQ) AL-ARAFAH DESA DONDONG KECAMATAN KESUGIHAN

Nurul, Komariyah (2022) UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN (TPQ) AL-ARAFAH DESA DONDONG KECAMATAN KESUGIHAN. Other thesis, Univeritas nahdltul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN QUR.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Guru adalah orang yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak didik, untuk itulah guru dengan penuh dedikasi dan loyalitas berusaha membimbing dan Pembinaan anak didik agar di masa mendatang menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa. Akan halnya dengan peranan guru taman pendidikan al-qur’an memiliki peranan yang sangat penting dalam mengajarkan keagaman kepada siswa. Guru pendidikan agama Islam tidaklah hanya memberikan materi dan teori, akan tetapi juga lebih memperhatikan dan meningkatkan ketekunan ibadah siswa untuk lebih memahamkan yang tepat tata cara beribadah seperti pemahaman tentang tata cara sholat yang baik dan benar, pemahaman tentang tata cara berwudhu, berdoa, memilki budi pekerti yang baik dan membaca al-qur’an dengan baik. selain memberikan pemahaman kepada siswa guru melatih siswa agar terbiasa dengan rajin beribadah. Oleh karena itu, hal tersebut diperlukanya binaan dan bimbingan agar siswa mendapatkan pengetahuan kemampuan tata cara beribadah dengan baik dan memilki pribadi yang baik sopan dan santun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam Pembinaan akhlakul karimah anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Arafah Desa Dondong Kecamatan Kesugihan. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala TPQ, Guru TPQ dan wali santri. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitin upaya guru dalam Pembinaan akhlakul karimah anak melalui berbagai pembiasaan, berupa: 1) pembiasaan mengucapkan salam, 2) mengenal sholat lima waktu dan wudhu, 3) Pembiasaan Berdo’a Sebelum dan Sesudah Kegiatan Mengaji dan membaca suratan pendek, 4) Pembiasaan Menghormati Orang Lebih Tua, dan 5) Pembiasaan Memberi Hukuman. Metode yang digunakan dalam Pembinaan akhlakul karimah anak di TPQ yaitu metode nasehat, metode keteladanan dan metode pembiasaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru TPQ, Akhlakul Karimah, Anak
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
AC Collections. Series. Collected works

A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tadzkiroh
Date Deposited: 22 Aug 2022 15:44
Last Modified: 22 Aug 2022 15:44
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item