?

EFEKTIFITAS PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN

Wahyu, Nuning and Aris, Naeni Dwiyanti and Diah, Galuh and Gita, Cahyani (2021) EFEKTIFITAS PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
TS_WAHYU NUNING_EFEKTIFITAS PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN MAMBACA DAN MENULIS PERMULAAN (2021-2022).pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu untuk mengetahui efektifitas pembelajaran membaca menulis permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di SDN Mertasinga 4 Cilacap. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif artinya penelitian mengacu pada pengumpulan data yang dilakukan wawancara secara langsung oleh informan. Jumlah informan yang diambil oleh peneliti yaitu 1 Kepala Sekolah, 2 Guru, 1 Siswa dan 1 Orang Tua. Cara untuk memperoleh data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi (Triangulasi). Dalam analisis yang terdapat pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data triangulasi data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian di lapangan secara langsung dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan saat ini cukup efektif meskipun ada faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya, seperti yang sudah dipaparkan oleh peneliti dalam analisis data terutama faktor penghambat sebagai pemicu efektifitas pembelajaran jarak jauh salah satunya tidak semua siswa mempunyai teknologi ini yang melatarbelakangi proses kegiatan belajar saat berlangsung banyak yang tertinggal informasi saat guru memberikan materi pembelajaran.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 15 Jan 2023 13:32
Last Modified: 15 Jan 2023 13:32
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1313

Actions (login required)

View Item View Item