?

ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PGSD UNUGHA DALAM MENGEMBANGKAN KELAS VIRTUAL EDMODO DALAM PENYIAPAN PEMBELAJARAN DARING

Mawan, Akhir Riwanto and Aris, Naeni Dwiyanti and Sri, Haryati and Sri, Pujiastuti (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PGSD UNUGHA DALAM MENGEMBANGKAN KELAS VIRTUAL EDMODO DALAM PENYIAPAN PEMBELAJARAN DARING. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Analisis Kemampuan Mahasiswa PGSD UNUGHA dalam Mengembangkan Kelas Virtual Edmodo dalam penyiapan pembeljaran daring.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di era teknologi mewajibkan setiap pendidik untuk menerapkan dan mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi baik secara terintegrasi, sistematis, dan efektif. Salah satu contohnya adalah dengan proses pembelajaran dalam bentuk e-learning berbasis edmodo. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan e-learning berbasis edmodo, kelebihan dan kekuranggan penggunaan edmodo dan saran untuk edmodo dalam proses pembelajaran kedepannya di lingkungan program studi pendidikan matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek dalam penelitian ini sebanyak 13 orang mahasiswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Dimensi penelitian yang ingin didapatkan adalah keaktifan di dalam kelas dan cara pengungkapan ide dan gagasan secara virtual. Hasilnya menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan secara aktif dan menyenangkan, kefleksibelan waktu dan tempat dalam pelaksanaanya, melatih disiplin mahasiswa dalam menghadiri perkuliahan online dan mengumpulkan tugas. Walaupun demikian kekurangan proses pembelajaran dengan edmodo yakni ketergantungan dengan alat elektronik dan akses penggunaan jaringan internet Tujuan dari penelitian ini adalah ;1. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam kelas virtual edmodo sebagai penyiapan pembelajaran daring Bagi mahasiswa; 2. Selanjutnya Mengetahui kualitas kelas virtual edmodo bagi mahasiswa dengan rerata hasil validasi dari ahli materi 82,5%, ahli bahasa 81,6% dan ahli media 81,5 dan ahli penilaian 80,5%

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 15 Jan 2023 08:33
Last Modified: 15 Jan 2023 08:33
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1300

Actions (login required)

View Item View Item