?

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SEKOLAH MI MAARIF 2 BAJINGKULON KROYA

Aris, Naeni Dwiyanti and Mawan, Akhir Riwanto and Fajri, Septiani and Laela, Yunita (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SEKOLAH MI MAARIF 2 BAJINGKULON KROYA. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SEKOLAH MI MAARIF 2 BAJINGKULON KROYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
TS-2 ARIS NAENI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SEKOLAH MI MAARIF 2 BAJINGKULON KROYA_..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Misi Pendidikan yakni dapat mengembangkan potensi peserta didik, dapat mempengaruhi dan mengembangkan kepribadian seseorang, serta mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab. Sementara itu untuk mewujudkan misi pendidikan dibutuhkan beberapa komponen dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satunya yaitu mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal. Mengenalkan kearifan lokal pada pembelajaran di sekolah dasar dapat dilakukan dengan cara mengintegrasikan konten kearifan lokal dalam bentuk multimedia untuk memudahkan dan menarik perhatian siswa dalam belajar. Pengembangan multimedia berbasis kearifan lokal ini diintegrasikan pada mata pelajaran IPA, mengingat IPA merupakan mata pelajaran yang erat kaitannya dengan lingkungan sekitar. Metode penelitian ini dengan menggunakan research and development (R & D) dengan tiga fase, yang terdiri dari fase analisis keperluan, fase desain, fase pengembangan dan implementasi. Berdasarkan hasil pengembangan multimedia diperoleh hasil bahwa multimedia IPA berbasis kearifan lokal disekolah dasar sangat layak digunakan.

Item Type: Article
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 13 Jan 2023 13:30
Last Modified: 13 Jan 2023 13:30
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item