?

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KEGIATAN MENDONGENG SD UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Wahyu, Nuning PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KEGIATAN MENDONGENG SD UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH. PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KEGIATAN MENDONGENG SD UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
TS-2 WAHYU NUNING PENGEMBANGAN VIDIO JARAK JAUH.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang ada di SD termasuk pembelajaran biasa. Khususnya dalam pembelajaran menyimak cerita. Padahal siswa SD khususnya terkadang tidak mengerti arti dari setiap kata yang ada di dalam cerita. Hal ini dikarenakan setiap harinya terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia bercampur Bahasa Jawa, terkadang ada yang bercampur Madura. Anak SD lebih bisa konsentrasi saat audio dan visual mempunyai peran dalam pembelajaran. Seperti contohnya anak –anak mudah menghafalkan lagu juga gerakan yang ada di youtube dan tiktok yang jaman sekarang sering diakses anak – anak. Usia ini juga masih senang – senangnya menonton kartun. Dalam penelitian ini digunakan model penelitian ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Model penelitian ini mewujudkan salah satu model desain pembelajaran yang sistematis. Penelitian ini hanya terbatas pada tahap pengembangan yaitu validhasi media dan penilaian media dari guru kelas. Hasil penilaian ahli media berdasarkan lembar validasi menunjukkan bahwa media video animasi dongeng dinyatakan “valid tanpa revisi” karena skor akhir lebih dari 75%. Hasil penilaian ahli materi menyatakan “valid tanpa revisi” karena skor akhir sampai 100% berdasarkan dari lembar validasi. Dari peniliaian ahli bahasa berdasarkan lembar validasi menunjukkan skor akhir lebih dari 75% sehingga dinyatakan “valid tanpa revisi”. Hasil penilaian guru kelas menunjukkan bahwa video animasi dongeng dinyatakan sudah bagus tetapi bahasa yang digunakan masih kurang bisa dipahami oleh siswa. Berdasarkan kriteria tingkat valid, jumlah nilai tersebut termasuk tingkat valid tanpa revisi.

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 13 Jan 2023 11:19
Last Modified: 13 Jan 2023 11:19
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item