?

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA SD NEGERI DONDONG 02 KESUGIHAN CILACAP TAHUN 2018

Laela, Khaerunnisa (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA SD NEGERI DONDONG 02 KESUGIHAN CILACAP TAHUN 2018. Other thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
LAELA KHAERUNNISA_FKIP_PGSD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Laela Khaerunnisa, NIM: 14862061004. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD). Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap. Skripsi “Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Jaring-jaring Bangun Ruang dengan Media Puzzle pada Siswa SD Negeri Dondong 02 Kesugihan Cilacap Tahun 2018 ” Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penggunaan media puzzle dalam mata pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang SD Negeri Dondong 02 tahun 2018 dan (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi jaring-jaring bangun ruang siswa SD Negeri Dondong 02 tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas adalah penggunaan media puzzle dan variabel terikat adalah peningkatan hasil belajar matematika pada materi jaring-jaring bangun ruang. Subjek penelitian pada penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Dondong 02 yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Prosedur penelitian dilaksanakan menjadi dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Uji instrumen dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini ada dua teknik yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan pada hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, bahwa ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari pra siklus sebanyak 11 siswa yaitu 44 %, kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 16 siswa yaitu 64 %, dan pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 23 siswa yaitu 92 %. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dengan media puzzle pada siswa kelas V SD Negeri Dondog 02 mengalami peningkatan pada materi jaring-jaring bangun ruang. Kata Kunci: Hasil belajar matematika, media puzzle, PTK, dan matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ahmad Mukhlasin Alkasuba
Date Deposited: 15 Sep 2020 07:52
Last Modified: 15 Sep 2020 07:52
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/994

Actions (login required)

View Item View Item