?

APLIKASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI JARING-JARING BALOK DAN KUBUS

Avy Anggraeni, Avy and Gigih Winandika, Gigih (2020) APLIKASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI JARING-JARING BALOK DAN KUBUS. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[img]
Preview
Text
21 APLIKASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran Matematika materi jaring-jaring balok dan kubus. Model pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran adalah Contextual Teaching and Learning dengan pendekatan saintifik. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah, dan demonstrasi. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara individu dalam pengerjaan soal latihan individu dan secara berkelompok dalam pemahaman jaring-jaring balok dan kubus. Pembelajaran yang dilakukan di kelas 5A ini dilakukan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit atau selama 70 menit. Kelas 5A terdiri dari 21 siswa yakni 13 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Materi jaring-jaring balok dan kubus merupakan materi pada kelas 5 semester 2. Materi ini terdiri dari pengertian jaring-jaring, penjelasan mengenai jaring-jaring balok dan kubus, serta contoh model jaring-jaring balok dan kubus. Penanganan pembelajaran dilakukan secara pendekatan individual dan kelompok. Pendekatan individual dilakukan dengan mendekati dan menanyakan kesulitan belajar individu kemudian memberikan penjelasan materi secara personal. Sedangkan pendekatan kelompok dilakukan dalam setiap kelompok belajar dengan menanyakan kesulitan belajar masing-masing kelompok serta memberikan penjelasan materi secara mendalam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Avy Anggraeni
Date Deposited: 20 Mar 2020 17:18
Last Modified: 20 Mar 2020 17:18
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item