?

AKTUALISASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 6 KALOR DAN PERPINDAHANNYA SUBTEMA 3 PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN

Ulfah, Rustiawanti and Galuh, Rahayuni (2020) AKTUALISASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 6 KALOR DAN PERPINDAHANNYA SUBTEMA 3 PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
13 AKTUALISASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 6 KALOR DAN PERPINDAHANNYA SUBTEMA 3 PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di kelas Vᴮ merupakan pembelajaran tematik dimana materi terdiri dari beberapa muatan pelajaran. Tema pembelajaran di kelas Vᴮ yaitu tema 6 kalor dan perpindahannya subtema 3 pengaruh kalor terhadap kehidupan pembelajaran ke-1. Kompetensi Dasar (KD) pada tema ini terdiri dari pelajaran Bahasa Indonesia (3.3 dan 4.3) memiliki tujuan pembelajaran siswa dapat menemukan kata kunci dan membuat diagram mengenai informasi penting setiap paragraf dalam teks eksplanasi. Pelajaran IPA (3.6 dan 4.6) memiliki tujuan pembelajaran siswa dapat mengetahui dan membedakan benda isolator dan konduktor. Pembelajaran menggunakan model Discovery Learning, pendekatan pembelajaran Scientific Learning, sedangkan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab. Pembelajaran di kelas Vᴮ dilakukan pada hari Sabtu, 1 Februari 2020 dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 13 siswa laki laki. Proses pembelajaran dilakukan selama 5 jam pembelajaran dimana 1 jam pembelajaran berdurasi 35 menit. Satu pertemuan dilakukan selama 175 menit. Pembelajaran terdiri dari 3 langkah kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan membutuhkan waktu 15 menit meliputi berdo’a, membaca Asmaul Husna, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta pemberian apersepsi dan motivasi kepada siswa. Kegiatan inti meliputi penjelasan materi dan praktek, membutuhkan waktu selama 145 menit. Kegiatan penutup membutuhkan waktu 15 menit untuk mengulas kembali dan memberikan kesimpulan bersama-sama. Materi yang digunakan bersumber dari internet, jurnal, buku siswa dan sumber lainnya. Materi Bahasa Indonesia mengenai teks eksplanasi, pada materi ini berisi pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, tujuan teks eksplanasi, dan contoh teks eksplanasi. Materi IPA perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari (bahan konduktor dan isolator). Materi ini saling berkaitan karena pada teks eksplanasi membahas bahan konduktor dan isolator, selain itu pada benda konduktor dan isolator mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penanganan terhadap siswa yang mengalami kesulitan pada saat pembelajaran adalah dengan cara pendekatan dan memberikan bimbingan kepada siswa secara langsung. Apabila semua siswa mengalami kesulitan maka guru membimbing sampai siswa dapat memahami, pada kegiatan praktek harus ada pengawasan sehingga guru mengelilingi kelas. Apabila keadaan kelas gaduh dapat ditangani dengan menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan tepuk semangat agar siswa kembali kosentrasi dan fokus pada pelajaran, selain itu membuat guru lebih mudah untuk melanjutkan dan menjelaskan materi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Depositing User: Ulfah Ulfah Rustiawanti
Date Deposited: 19 Mar 2020 09:02
Last Modified: 19 Mar 2020 09:02
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item