Khofingatus, Solichah and Galuh, Rahayuni (2020) APLIKASI METODE KOOPERATIF LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 5 CUACA SUBTEMA 3 PENGARUH CUACA TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
|
Text
16 APLIKASI METODE KOOEPRATIF LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 5 CUACA SUBTEMA 3 PENGARUH CUACA TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA.pdf Download (577kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan pada Tema 5 Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah cooperative learning. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran yaitu, ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Kegiatan pembelajarannya dilakukan secara berkelompok untuk bekerja sama. Pembelajaran yang dilakukan di kelas III dilakukan selama 3 jam pelajaran dimana 1 jam pelajaran selama 35 menit. Satu pertemuan dilakukan selama 105 menit untuk kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Jumlah siswa kelas III adalah 35 siswa. Materi yang digunakan menggunakan sumber dari buku siswa dan buku guru Tema 5 Cuaca Subtema 3 Pembelajaran 1. Mata pelajaran yang termuat didalamnya yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP. Mata pelajaran Bahasa Indonesia mengenai materi pengaruh perubahan cuaca, dan mata pelajaran matematika tentang penjumlahan pecahan. Penanganan yang dilakukan pada siswa yang mengalamai kesulitan dalam proses pembelajaran adalah dengan mendekati dan memberikan bimbingan kepada siswa secara langsung. Kegaduhan yang ditimbulkan oleh siswa ditangani menggunakan beberapa tepuk konsentrasi agar konsentrasi siswa kembali pada pembelajaran.Selain itu pada jumlah siswa yang banyak maka dalam pembelajaran harus menggunakan suara yang keras.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khofingatus Solichah |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 00:54 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 10:35 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/835 |
Actions (login required)
View Item |