?

PELAKSANAAN METODE EKSPOSITORI PADA PEMBAHASAN TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA

Putri Siva, Nurani and Hadi, Muridan (2020) PELAKSANAAN METODE EKSPOSITORI PADA PEMBAHASAN TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap.

[img]
Preview
Text
3 PELAKSANAAN METODE EKSPOSITORI.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Sejumlah peserta didik dalam suatu rombongan belajar yang diberikan sebuah layanan dalam bentuk tatap muka antara peserta didik dan konselor adalah bentuk layanan bimbingan klasikal, baik itu menjadi komponen dasar atau peminatan dan perencanaan individual1 . Dalam pembuatan layanan bimbingan klasikal, materi yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Dasar pembuatan layanan bimbingan klasikal ini adalah hasil assesment dan atas rekomendasi dari guru pamong. Materi mengenai tugas perkembangan remaja juga diangkat dengan alasan pada masa remaja, peserta didik SMA memang secara fisik sudah seperti orang dewasa, namun untuk tingkat kematangan yang seperti orang dewasa belum mereka miliki. Apabila dalam suatu masa perkembangan tugasnya terlaksana dengan baik, maka pada masa perkembangan selanjutnya tidak akan menjadi hambatan yang dapat menimbulkan perilaku kurang adaptif. Pada kesempatan ini, bimbingan klasikal dapat dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2020. Kegiatan ini di mulai pada pukul 13.00-13.45 atau dengan alokasi waktu 1x45 menit. Adapun peserta didik yang menjadi sasaran adalah kelas X MIPA 2 dengan jumlah peserta didik 24 anak. Materi yang digunakan dalam layanan bimbingan klasikal ini diperoleh dari bangku perkuliahan dalam mata kuliah psikologi perkembangan dua. Selain itu juga diperoleh materi layanan dari jurnal online dan sejumlah buku. Dalam kegiatan bimbingan klasikal tentu saja diikuti oleh peserta didik dengan keunikannya masing-masing. Pada kegiatan yang terlaksana tersebut ditemui peserta didik yang cenderung terlalu aktif atau sebaliknya. Konselor memiliki peran untuk mengendalikan kelas agar tetap kondusif, menjembatani peserta didik yang kurang mampu mengemukakan pendapat, serta mengendalikan jalannya diskusi apabila terjadi pendominasian oleh beberapa peserta didik yang cenderung tidak memberikan kesempatan kepada temannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Depositing User: Putri Siva Nurani
Date Deposited: 14 Mar 2020 06:19
Last Modified: 14 Mar 2020 06:19
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item