?

MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA

Anida saefia, Asifa and Sisno, Sisno (2020) MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[img]
Preview
Text
9 MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan kegiatan pokok dalam proses pendidikan di sekolah. Belajar adalah usaha yang dilakukan secara sadar untuk merubah sikap dan tingkah lakunya. Dalam upaya mencapai perubahan tingkah laku butuhkan motivasi. Motivasi merupakan salah satu faktor yang mendorong siswa untuk mau belajar. Motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku.1 Oleh karena itu siswa perlu diberikan layanan meningkatkan semangat dalam belajarnya, dalam hal ini menggunakan layanan bimbingan klasikal. Bimbingan merupakan upaya optimalisasi capaian perkembangan individu yang berwujud langka nyata pencegahan sebelum kasus yang dikhawatikrkan muncul.2Menumbuhkan semangat belajar merupakan materi/topik layanan bimbingan klasikal yang diberikan untuk kelas XI yang bertujuan agar peserta didik dapat metahui tentang cara menumbuhkan semangat belajar dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dalam proses belajarnya. Alokasi waktu dalam pelaksanaan bimbingan klasikal dengan topik menumbuhkan semangat belajar ini dilakukan selama 1 Jam pelajaran atau 45 menit. Sasaran dalam layanan bimbingan klasikal ini yaitu kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 36 anak. Referensi adalah rujukan atau sumber acuan, sesuatu yang dipakai dalam pemberian informasi untuk memperkuat pernyataan dengan tegas. Dalam hal ini referensi yang digunakan yaitu buku dan dari internet yang terpercaya. Layanan bimbingan klasikal sangat dibutuhkan siswa-siswa yang tidak mempunyai masalah maupun yang mempunyai masalah dapat terbantu, sehingga mereka dapat belajar dengan baik. Dalam pemberian layanan bimbingan klasikal konselor dapat mengelola kelas dengan baik, membangun kelas yang interaktif dan menarik sehingga peserta didik dapat memahami dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Depositing User: Anida saefia asifa
Date Deposited: 12 Mar 2020 22:54
Last Modified: 12 Mar 2020 22:54
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item