Wahyu Fatikhatul, Umniyah and Sisno, - (2020) UPAYA PENINGKATAN POTENSI DIRI MELALUI ORGANISASI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SMA NEGERI 1 JATILAWANG. Wahyu Fatikhatul Umniyah.
|
Text
7 UPAYA PENINGKATAN POTENSI DIRI MELALUI ORGANISASI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SMA NEGERI 1 JATILAWANG.pdf Download (425kB) | Preview |
Abstract
Pada era zaman yang serba canggih dan modern ini ternyata banyak dari individu yang tak mampu mengenal diri nya sendiri, terutama dalam mengenali potensi yang dimiliki serta tak mampu membedakan antara bakat dan minat pada dirinya Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang sudah terwujud yang dimiliki oleh individu, akan tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal oleh individu tersebut . Perlunya pengetahuan serta pengembangan potensi diri pada diri individu supaya memiliki pandangan yang jelas serta terencana untuk masa depan atau masa yang akan datang. Organisasi merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Melalui organisasi akan terbentuknya pribadi peserta didik yang kreatif serta inovatif. Definisi bimbingan klasikal yaitu sebagai sarana pemenuhan kebutuhan perkembangan individu yang harus dilihat sebagai bagian integral dari program pendidikan yang diintregasikan dalam setiap pengalaman belajar bidang studi . Empat bidang layanan yang ada dalam layanan bimbingan dan konseling yaitu : Layanan bimbingan pribadi, layanan bimbingan sosial, layanan bmbingan belajar,dan layanan bimbingan karier akan memperkuat peserta didik dalam memahami dirinya. Salah satu komponen layanan dasar yang ada dalam bimbingan dan konseling adalah layanan bimbingan klasikal. Bimbingan klasikal atau biasa dikenal dengan layanan bimbingan kelas besar, sebagai upaya preventife bagi peserta didik maupun sebagai layanan perolehan informasi secara menyeluruh pada suatu hal yang disampaikan. Bimbingan klasikal dilaksanakan di SMA N 1 Jatilawang dengan durasi waktu 2 x 45 menit. Bimbingan klasikal yang diberikan pada kelas XI MIPA 6 dengan jumlah 36 peserta didik. Topik dari layanan bimbingan klasikal yang diberikan mengusung tema “Eksploritasi Potensi Diri Melalui Organisasi”. Topik yang dijelaskan Topik yang digunakan disasarkan untuk peserta didik kelas XI MIPA 6 berdasarkan hasil assessment yang mendominasi perlunya pengembangan potensi diri. Hasil assessment ini yang kemudian dikembangkan menjadi upaya pemberian layanan bimbingan klasikal. Adapun luaran dari layanan bimbingan klasikal ini diharapkan peserta didik memapu dengan maksimalkan pengembangan potensi dirinya melalui organisasi yang telah terbentuk di SMA N 1 Jatilawang.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Wahyu Fatikhatul Umniyah |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 09:19 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 09:19 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/819 |
Actions (login required)
View Item |