?

PENCEGAHAN PERILAKU BURUK SISWA DENGAN PEMBERIAN MATERI STOP BULLYING

Aini Khonilia, Do'a (2020) PENCEGAHAN PERILAKU BURUK SISWA DENGAN PEMBERIAN MATERI STOP BULLYING. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
8 PENCEGAHAN PERILAKU BURUK SISWA DENGAN PEMBERIAN MATERI LAYANAN STOP BULLYING.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Bullying adalah sebuah situasi dimana terjadinya penyalahgunaan kekuatan/ kekuasaan yang dilakukan atau sekelompok. Pihak yang kuat disini tidak hanya berarti kuat dalam ukuran fisik, tapi bisa juga kuat secara mental. Perilaku ini sering terjadi dikalangan remaja, sebelum memberikan layanan mengenai bullying, praktikan dan guru bk membuat dan merancang asesment sesuai kebutuhan. Pemberian materi layanan bullying ini menggunakan layanan bimbingan klasikal. Bimbingan merupakan upaya optimalisasi capaian perkembangan individu yang berwujud langka nyata pecegahan sebelum kasus yang dikhawatirkan muncul. Berdasarkan asesment kebutuhan peserta didik pemberian layanan tersebut akan diberikan kepada kelas XI Bahasa yang berjumlah 36 siswa, dengan waktu yang diberikan adalah satu jam pelajaran atau 45 menit. Reverensi yang digunakan praktikan untuk pemberian layanan tersebut yang pertama dari buku yang membahas tentang perilaku bullying. Perlunya reverinsi buku karena buku reverensi memberikan informasi dasar yang menjadi rujukan ketika orang berusaha memahami suatu konsep atau istilah yang bersifat umum maupun khusus, untuk memperkuat sumber materi yang akan diberikan nantinya kepada peserta didik. Selain buku tentang bullying praktikan mengambil reverensi dari youtube yang berupa video animasi yang di bentuk menjadi power point, hal ini bertujuan untuk membuat peserta didik menjadi lebih tertarik akan materi yang disampaikan dengan penyajian materi dan video animasi yang dimasukan kedalam powerpoint. Penanganan pada peserta didik dilakukan dengan mengelola kelas dengan baik dan membangun pembelajaran bimbingan klasikal sesuai materi yang diberikan interaktif dan menarik sehingga siswa lebih tertarik dan lebih bisa memahami materi layanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Aini Khonilia Do'a
Date Deposited: 12 Mar 2020 11:25
Last Modified: 12 Mar 2020 13:51
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item