PENERAPAN BORDA CLUSTERING UNTUK PEMBENTUKAN KLASTER DESA PENERIMA ZAKAT DI INDONESIA BERDASARKAN POTENSI WILAYAH

DONY, RAHMAD AGUNG SAPUTRO (2018) PENERAPAN BORDA CLUSTERING UNTUK PEMBENTUKAN KLASTER DESA PENERIMA ZAKAT DI INDONESIA BERDASARKAN POTENSI WILAYAH. Other thesis, INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN BORDA CLUSTERING UNTUK PEMBENTUKAN KLASTER DESA PENERIMA ZAKAT DI INDONESIA BERDASARKAN POTENSI WILAYAH)
33.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki potensi dana zakat yang sangat besar hingga mencapai angka 286 triliun rupiah. Hal ini merupakan dampak positif dari besarnya populasi muslim yang mencapai 216.66 juta jiwa pada tahun 2016. Namun sampai saat ini penyerapan dan pendistribusian dana zakat belum termaksimalkan, misalnya pada tahun 2015 penyerapan zakat baru 3.70 triliun rupiah, dan dana yang tersalurkan baru 61.61 persen. Penggunaan data potensi wilayah dapat menjadi salah satu alternatif untuk memperluas pendistribusian zakat. Penelitian ini menerapkan algoritme Borda Clustering pada data skyline Potensi Desa 2011 Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menghasilkan klaster daerah prioritas penerima zakat di Indonesia. Evaluasi yang dilakukan menggunakan Silhouette Score terhadap hasil klaster menghasilkan angka 0.72 dalam rentang -1 sampai 1. Klaster daerah yang diprioritaskan memperoleh dana zakat mayoritas berada di provinsi Papua, Nangro Aceh Darrusalaam, dan Papua Barat. Hasil klaster tersebut dapat menjadi masukan bagi Organisasi Penyalur Zakat (OPZ) untuk memaksimalkan pendistribusian dana zakat. Kata Kunci: Borda Clustering, clustering, potensi wilayah, skyline, zakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 31 Jul 2019 07:23
Last Modified: 31 Jul 2019 07:23
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item