PENGEMBANGAN BACK END FITUR ARTIKEL, DISKUSI, DAN MATERI UNTUK KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA APLIKASI DIGITAL TANI

MUHAMMAD, ASLAM ABDURROHIM (2018) PENGEMBANGAN BACK END FITUR ARTIKEL, DISKUSI, DAN MATERI UNTUK KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA APLIKASI DIGITAL TANI. Other thesis, INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BACK END FITUR ARTIKEL, DISKUSI, DAN MATERI UNTUK KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA APLIKASI DIGITAL TANI)
23.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Pertanian merupakan sektor penting di Indonesia, sehingga petani perlu dilindungi dan diberdayakan oleh pemerintah. Penyuluhan pertanian dilakukan sebagai salah satu cara memberdayakan petani. Namun, jumlah penyuluh di Indonesia yang tidak mencukupi menyebabkan penyebaran informasi ke petani kurang maksimal. Digital Tani dikembangkan dengan salah satu fungsinya adalah untuk menghubungkan mereka menggunakan internet. Namun, belum ada fitur untuk menyimpan dan berbagi pengetahuan. Knowledge Management System dapat menjadi solusi dari masalah ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan back end modul Knowledge Management System untuk fitur Artikel, Diskusi, dan Materi pada aplikasi Digital Tani. Node.js dan MongoDB digunakan dalam pengembangan ini. Pengembangan dilakukan secara tim menggunakan model pengembangan prototyping. Hasil dari penelitian ini adalah back end berbasis REST API yang keluarannya berupa teks dalam format JavaScript Object Notation. Seluruh fungsi berjalan dengan baik, berdasarkan hasil uji coba dengan menggunakan metode black box. Kata Kunci: back end, JavaScript Object Notation, Knowledge Management System, model prototyping, REST API.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 31 Jul 2019 07:22
Last Modified: 31 Jul 2019 07:22
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item