SISTEM IDENTIFIKASI PENYAKIT AKASIA MENGGUNAKAN ONTOLOGI DENGAN SQWRL DAN TEMU KEMBALI INFORMASI DENGAN DFRSIMILARITY

IRFAN, ELFAKAR (2017) SISTEM IDENTIFIKASI PENYAKIT AKASIA MENGGUNAKAN ONTOLOGI DENGAN SQWRL DAN TEMU KEMBALI INFORMASI DENGAN DFRSIMILARITY. Other thesis, INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

[img]
Preview
Text (SISTEM IDENTIFIKASI PENYAKIT AKASIA MENGGUNAKAN ONTOLOGI DENGAN SQWRL DAN TEMU KEMBALI INFORMASI DENGAN DFRSIMILARITY)
34.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Akasia merupakan bahan baku industri pulp and paper. Permasalahan pada tanaman akasia adalah adanya ancaman hama dan penyakit yang menyerang tanaman tersebut. Saat ini identifikasi masih dilakukan secara manual karena tidak adanya ahli untuk penyakit akasia. Identifikasi menggunakan sistem komputer dapat memberikan akurasi dan konsistensi yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem identifikasi penyakit akasia menggunakan ontologi dengan SQWRL dan temu kembali informasi dengan DFRSimilarity, sehingga dapat membantu mendiagnosa penyakit akasia. Evaluasi OntoQA menunjukkan bahwa struktur ontologi yang dibuat membawa informasi yang sedikit, tetapi pengetahuannya cukup mendalam, dengan rata-rata jumlah atribut pada setiap class adalah 1. Berdasarkan hasil evaluasi, kinerja DFRSimilarity sebesar 0.8861 sedangkan kinerja TFIDFSimilarity sebesar 0.92445. Kata kunci: Akasia, ontologi, similarity

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:23
Last Modified: 30 Jul 2019 07:39
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item