PERBANDINGAN MOOC PEMROGRAMAN DALAM DAN LUAR NEGERI DARI KUALITAS DESAIN MOOC DAN FITUR PEMROGRAMAN

BINTANG, JANUAR PERDANA PUTRA (2017) PERBANDINGAN MOOC PEMROGRAMAN DALAM DAN LUAR NEGERI DARI KUALITAS DESAIN MOOC DAN FITUR PEMROGRAMAN. Other thesis, INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN MOOC PEMROGRAMAN DALAM DAN LUAR NEGERI DARI KUALITAS DESAIN MOOC DAN FITUR PEMROGRAMAN)
20.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Hasil survey Studi Asia Pasifik pada tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Microsoft menunjukkan 87 persen pelajar di Indonesia antusias dalam mempelajari pemrograman. Seiring berkembangnya metode pembelajaran saat ini, Massively Open Online Course (MOOC) dapat menjadi solusi pelajar Indonesia dalam mempelajari pemrograman. Namun hingga saat ini masih banyak permasalahan yang ada dalam perkembangan MOOC. Pada penelitian ini akan dilakukan perbandingan pada situs MOOC pemrograman yang ada di dalam negeri. Adapun untuk membandingkannya yaitu dengan kualitas desain MOOC pada aspek teknis dan fitur pemrograman yang ada di situs MOOC. Akan tetapi, hasil evaluasi kualitas desain dan perbandingan fitur MOOC menunjukkan jika situs MOOC di luar negeri lebih baik daripada situs MOOC di dalam negeri. Situs MOOC di dalam negeri hanya unggul dalam konten bahasa yaitu bahasa Indonesia. Dengan demikian, memudahkan peserta MOOC dalam belajar pada MOOC. Hasil dari perbandingan ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam membuat dan mengembangkan situs MOOC terutama untuk MOOC pemrograman. Kata kunci: Aspek Teknis, MOOC, Fitur Pemrograman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:05
Last Modified: 29 Jul 2019 07:05
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item