PERBANDINGAN KLASIFIKASI ROCCHIO DAN MULTINOMIAL NAÏVE BAYES PADA ANALISIS SENTIMEN DATA TWITTER BAHASA INDONESIA

JEANNETTE, CLAUDYA WEYA PANTOUW (2017) PERBANDINGAN KLASIFIKASI ROCCHIO DAN MULTINOMIAL NAÏVE BAYES PADA ANALISIS SENTIMEN DATA TWITTER BAHASA INDONESIA. Other thesis, INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KLASIFIKASI ROCCHIO DAN MULTINOMIAL NAÏVE BAYES PADA ANALISIS SENTIMEN DATA TWITTER BAHASA INDONESIA)
6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isu tertentu dari data Twitter Bahasa Indonesia dan melakukan klasifikasi sentimen dalam 3 jenis yaitu positif, negatif dan netral menggunakan metode klasifikasi Multinomial Naïve Bayes dan Rocchio. Penelitian ini menganalisis hasil perbandingan antara metode klasifikasi Multinomial Naïve Bayes dengan metode klasifikasi Rocchio. Rata-rata akurasi hasil klasifikasi menggunakan metode Multinomial Naïve Bayes adalah sebesar 72.193% menunjukkan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Rocchio yaitu sebesar 70.673%. Selanjutnya dilakukan proses pelabelan ulang sentimen dengan bantuan clustering. Hasil klasifikasi setelah pelabelan ulang adalah sebesar 85.399% untuk Mulltinomial Naïve Bayes dan sebesar 96.283% untuk Rocchio dengan waktu komputasi Rocchio lebih cepat sebesar 35.70%. Kata kunci: Analisis Sentimen, Klasifikasi, Naïve Bayes, Rocchio.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:31
Last Modified: 29 Jul 2019 07:31
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item