PEMBANGUNAN DAN PENGUJIAN GUIDELINES UNTUK OPAC PERPUSTAKAAN NASIONAL DI ASIA

DINA, ELIANTINA (2017) PEMBANGUNAN DAN PENGUJIAN GUIDELINES UNTUK OPAC PERPUSTAKAAN NASIONAL DI ASIA. Other thesis, INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

[img]
Preview
Text (PEMBANGUNAN DAN PENGUJIAN GUIDELINES UNTUK OPAC PERPUSTAKAAN NASIONAL DI ASIA)
3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (31MB) | Preview

Abstract

Penggunaan website untuk perpustakaan merupakan salah satu perkembangan dari perpustakaan nasional. OPAC (Online Public Access Catalog) adalah salah satu layanan yang diberikan oleh website perpustakaan nasional meskipun sampai sekarang pengimplemetasian layanan OPAC banyak digunakan dalam komersial e-commerce atau bisnis lainnya. Untuk itu, penelitian ini akan menganalisis guidelines pada OPAC untuk pembangunan suatu guidelines sehingga dapat digunakan dalam pembangunan layanan OPAC dalam perpustakaan nasional. Pembangunan guidelines dalam penelitian ini dilakukan review literatur dan expert judgement sehingga menghasilkan 105 guidelines yang diujikan pada OPAC perpustakaan nasional di Asia. Evaluasi yang diujikan pada OPAC perpustakaan nasional di Asia terbagi menjadi tiga klasifikasi tinggi, sedang dan rendah, untuk OPAC yang paling tinggi faktor terpenuhinya guidelines adalah Armenia memiliki 63 guidelines, sedangkan untuk OPAC perpustakaan nasional Turki dan Kazakhstan termasuk klasifikasi rendah dengan interval nilai lebih kecil dari 27. Oleh karena itu, rata-rata guidelines yang terpenuhi dari 17 website OPAC yang dievaluasi, sebanyak 13 website OPAC termasuk klasifikasi sedang. Kata kunci: guidelines, OPAC, perpustakaan nasional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:36
Last Modified: 29 Jul 2019 07:36
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item